4 Alasan Kenapa Bisnis UKM Harus Menggunakan Cloud Backup

Alasan Bisnis UKM Harus Menggunakan Cloud Backup

Data berperan penting dalam keberlangsungan bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM), terutama untuk mengambil keputusan penting. Misalnya, data tentang penjualan memungkinkan Anda untuk memutuskan apakah produksi barang A harus ditambah atau dikurangi; data tentang keuangan dapat membantu Anda mengetahui apakah bisnis UKM Anda berada dalam kondisi yang baik; data tentang feedback pelanggan bisa menjadi bahan untuk merencanakan strategi marketing selanjutnya.

Mengingat fungsi data sebagai aset penting yang tak ternilai harganya bagi bisnis UKM, sudah seharusnya Anda melindungi data tersebut seaman mungkin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa menggunakan sistem cloud backup. Fungsinya sama seperti hard disk atau alat backup lain. Namun, cloud backup memungkinkan Anda untuk menyimpan data sebanyak apa pun dengan sistem auto scale. Selain itu, bisnis UKM Anda juga akan mendapatkan manfaat berikut ini.

Perlindungan Data Akurat

Dibandingkan alat penyimpanan data bersifat fisik seperti hard disk atau CD, cloud backup cenderung lebih aman karena risikonya minim. Bayangkan apabila suatu hari hard disk Anda tidak terbaca oleh perangkat komputer Anda, padahal seluruh data penting berada di sana. Tentu hal ini akan menghambat operasional bisnis UKM. Mengandalkan komputer saja untuk menyimpan data pun tidak cukup karena risiko keamanannya terlalu tinggi. Belum lagi adanya ancaman virus Malware.

Namun, cloud backup memiliki infrastruktur data center yang kuat sehingga mampu memberikan keamanan lebih terhadap penyimpanan data Anda. Di sisi lain, Anda juga tak perlu khawatir apakah data tersebut bisa diakses. Selama ada koneksi internet yang memadai, data di dalam cloud backup bisa Anda akses dengan mudah.

Fleksibilitas dan Skalabilitas Tinggi

Alasan lain mengapa cloud backup sangat ideal untuk bisnis UKM adalah karena fleksibilitas dan skalabilitasnya. Umumnya, bisnis UKM lebih sering melakukan perubahan atau adaptasi dibandingkan bisnis berskala besar. Dengan cloud backup, kebutuhan Anda terkait penyimpanan data (yang dapat berubah-ubah sewaktu-waktu) bisa segera terpenuhi. Baik kebutuhan untuk scale up atau scale down, Anda bisa melakukannya secara cepat tanpa biaya mahal.

Implementasi yang Cepat

Waktu menjadi salah satu resource paling penting dalam keberlangsungan pengembangan bisnis UKM. Memasang alat fisik untuk penyimpanan data dapat menyita waktu, terlebih jika Anda memiliki banyak data. Anda bisa menghemat waktu dengan menggunakan cloud backup sehingga Anda bisa mulai bekerja secepat mungkin. Bahkan apabila Anda beralih dari sistem backup tradisional, Anda tidak akan direpotkan dengan waktu tunggu yang lama selama masa transisi.

Menghemat Biaya Pengeluaran

Umumnya, bisnis UKM dituntut untuk menghemat biaya pengeluaran seketat mungkin, terutama jika sekarang masih merupakan masa awal Anda berdiri karena kondisi finansial kemungkinan besar belumlah stabil. Di sisi lain, sistem penyimpanan data tetaplah dibutuhkan karena bagaimana pun juga, Anda sangat bergantung pada data untuk mengambil berbagai keputusan penting.

Daripada harus membangun data center yang membutuhkan dana besar, cloud backup dapat menjadi solusi yang jauh lebih ekonomis. Kabar baiknya lagi, cloud backup menerapkan sistem “pay as you go”, di mana Anda hanya perlu membayar sesuai jumlah yang Anda pakai. Jika nantinya Anda harus menambah atau mengurangi kapasitas cloud backup, Anda bisa menyesuaikan harganya pula.

Tentunya Anda juga tidak boleh asal dalam memilih layanan cloud backup. Pastikan bahwa provider yang Anda pilih memang memiliki track record yang bagus dan layanan berkualitas seperti cloud backup dari PT Sarana Solusindo Informatika. Tak hanya itu, harga yang ditawarkan tak akan membebani budget bisnis UKM Anda.