7 Keuntungan Utama Menggunakan Layanan Microsoft OneDrive for Business

Keuntungan Menggunakan Layanan Microsoft OneDrive for Business

Anda memang bisa menemukan banyak layanan penyimpanan berbasis cloud di internet. Namun, tidak semua layanan tersebut secara khusus ditujukan kepada para pebisnis. Untuk hal yang satu ini, Microsoft punya solusinya, yaitu OneDrive for Business.

Layanan ini jauh berbeda dengan OneDrive yang bisa digunakan secara gratis. Ada beberapa fasilitas tambahan yang membedakan antara OneDrive dengan OneDrive for Business. Keberadaan fasilitas tambahan itu menjadikan layanan OneDrive for Business memiliki nilai lebih dibandingkan layanan serupa lain di internet.

Apa saja kelebihan itu? Berikut ini adalah 7 keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari OneDrive for Business:

  • Bisa diakses di mana saja

Dengan menyimpan data di OneDrive, Anda bisa mengaksesnya dari mana saja. Asalkan dengan adanya koneksi internet, berkas serta dokumen penting perusahaan bisa diperoleh. Dengan catatan, tidak ada limitasi yang diterapkan oleh bagian IT di yang mengharuskan akses dari jaringan perusahaan.

  • Bisa mengakses berkas dengan berbagai jenis perangkat

OneDrive for Business juga memberi kemudahan karena bisa diakses dari berbagai jenis perangkat. Anda bisa mengunduh atau mengedit berkas lewat perangkat komputer, tablet, ataupun smartphone.

  • Tampilan yang user friendly

Keuntungan berikutnya dari Microsoft OneDrive for Business adalah tampilan yang user friendly. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan layanan ini.

  • Kolaborasi

Keuntungan berikutnya dari OneDrive for Business adalah kemampuannya dalam memberi akses secara bersama pada satu berkas. Hal ini memungkinkan Anda bersama rekan kerja untuk berkolaborasi pada satu tugas kantor.

  • Sharing berkas atau dokumen

Selain bisa digunakan untuk berbagai berkas atau dokumen dengan karyawan kantor, Anda juga bisa melakukan hal serupa untuk orang-orang yang ada di luar lingkup organisasi. Misalnya, klien atau partner kerja eksternal.

Anda juga bisa membatasi akses yang diberikan kepada klien atau partner eksternal itu. Batasan itu bisa berupa read only, bisa pula memberi akses kepada partner untuk melakukan pengeditan. Sebagai tambahan, bisa pula mengatur agar tautan kepada partner hanya berlaku pada waktu tertentu.

  • Sinkronisasi

Kelebihan berikutnya dari OneDrive for Business adalah sinkronisasi. Dengan fitur ini, Anda bisa menghemat waktu tanpa harus mengunggah berkas yang telah diubah di komputer.

  • Keamanan

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah keamanan data. Microsoft memberlakukan beberapa fitur yang menjamin keamanan data para pengguna layanannya, seperti scanning virus ataupun enkripsi data. Selain itu, ada pula fitur yang memberi limitasi akses untuk koneksi secara remote dan kolaborasi.

Dengan keuntungan yang diberikan oleh OneDrive for Business tersebut, tidak heran kalau layanan ini menjadi pilihan perusahaan terkemuka dunia. Apalagi, semua itu bisa Anda peroleh dengan harga murah.