4 Asalan Kenapa Industri Migas Harus Menggunakan Teknologi Cloud Backup

Cloud Backup untuk Industri Migas

Industri migas lekat kaitannya dengan pekerjaan di lapangan. Hal ini memunculkan anggapan di sebagian orang bahwa industri migas tidak terlalu membutuhkan resource yang berhubungan dengan IT. Padahal, kenyataannya justru sebaliknya.

Kebanyakan perusahaan industri migas memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah. Hal ini menimbulkan masalah dalam hal file-sharing. Tanpa adanya solusi IT yang tepat, masalah tersebut bisa memakan banyak waktu dan mengganggu produktivitas kerja. Di sinilah cloud backup dapat menjadi teknologi IT untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Industri Migas Membutuhkan Informasi Real Time

Pekerjaan di industri migas mungkin memang menghabiskan banyak waktu di lapangan. Namun, bukan berarti data tak penting bagi mereka. Justru data menjadi patokan mereka agar dapat bekerja di lapangan dengan benar. Karena itulah industri migas membutuhkan informasi yang real time.

Masalahnya, dengan berbagai kantor cabang terpisah, akses data yang akurat dan real time pun menjadi tantangan tersendiri. Padahal, untuk melakukan earth modeling, seismic interpretation, dan reservoir analysis dengan benar, dibutuhkan data secepat seakurat mungkin.

Nah, di sinilah cloud backup dapat membuat data dan informasi dari seluruh kantor cabang perusahaan migas terintegrasi. Tak peduli di mana pun kantor cabang Anda, dari Anda tetap bisa mengakses data migas tersebut selama memiliki koneksi internet yang memadai. Dengan begini, proses kerja pun bisa berjalan lebih efisien dan proyek-proyek migas bisa segera selesai.

Kemudahan dalam Memasang Teknologi Cloud Backup

Mungkin beberapa dari Anda sudah mempertimbangkan untuk memasang cloud backup di perusahaan migas. Namun, Anda masih ragu karena khawatir pemasangannya akan memakan waktu lama. Padahal, kenyataannya justru sebaliknya.

Teknologi cloud backup untuk industri migas justru sangat mudah untuk dipasang dan digunakan. Anda tak perlu membangun data center sendiri yang tentunya membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu, baik untuk memasangnya maupun merawatnya. Anda hanya perlu menghubungi penyedia layanan cloud backup dan memilih kapasitas penyimpanan data yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Mengurangi Beban Kerja Departemen IT

Karena sifatnya yang sangat mudah digunakan, cloud backup dapat membantu mengurangi beban kerja departemen IT sehingga mereka bisa fokus pada hal-hal lain yang lebih penting terkait dengan pekerjaan di industri migas.

Selain itu, dengan menggunakan cloud backup, idealnya aplikasi internet browser di perusahaan akan lebih banyak digunakan untuk mengakses layanan cloud backup tersebut. Alhasil, kompleksitas dalam perawatan server dan jaringan penyimpanan data di banyak kantor cabang pun bisa dikurangi.

Data dan Informasi Perusahaan Tetap Aman

Teknologi cloud backup memungkinkan Anda untuk mengakses data dari mana pun dan kapan pun, bahkan data yang disimpan oleh kantor cabang di tempat lain. Hal ini memang sangat efisien, tetapi bisa menimbulkan pertanyaan pada sebagian orang: bukankah data tersebut nantinya jadi rentan untuk bocor ke khalayak?

Tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena cloud backup telah didesain dengan sistem yang ketat, di mana data hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu yang telah diberi izin. Idealnya, data-data ini juga akan dilindungi oleh password khusus yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu tersebut.

Apa pun industri pekerjaannya, data dan informasi sangat berperan krusial dalam kegiatan operasional sehari-hari, begitu juga pada industri migas. Walau mungkin didominasi oleh pekerjaan di lapangan, bagaimana pun juga pekerjaan tersebut hanya bisa berjalan apabila didasari oleh data yang akurat.