7 Hal Yang WaJib Diketahui Pelaku Bisnis Sebelum Memilih Cloud Solutions Provider

7 Hal Yang WaJib Diketahui Pelaku Bisnis Sebelum Memilih Cloud Solutions Provider

Dengan menggunakan solusi cloud dapat membantu bisnis kecil atau menengah berkembang lebih cepat, mengurangi biaya, dan mengadopsi demua teknologi terbaru tanpa harus membeli perangkat keras baru atau menambah beban manajemen Anda secara berlebihan.

Tapi faktanya adalah Anda tidak bisa puas dengan penyedia solusi lama yanga ada sebelumnya. Inilah tren bisnis yang sedang kita bicarakan. Solusi kelas konsumen atau solusi yang dirancang dengan buruk tidak akan memberikan keamanan, kekuatan, dan keandalan yang Anda butuhkan.

Jika Anda adalah seorang pengguna baru atau sedang ingin beralih ke teknologi cloud computing, ada baiknya hal-hal berikut Anda perhatikan sebelum memustuskan memilih provider tersebut sebagai cloud solutions provider yang tepat untuk bisnis Anda.

Apakah Perusahaan Mereka Dapat Diandalkan?

Penyedia solusi  tersebut harus punya track record yang kuat dan kesehatan finansial untuk terus berjalan dalam jangka panjang, memiliki tata kelola dan praktik manajemen risiko. Anda harus melakukan audit untuk membuktikan bahwa mereka dapat memenuhi standar peraturan dan kepatuhan? Apakah mereka menawarkan perjanjian tingkat layanan yang didukung secara finansial? dengan riset singkat tersebut Anda memutuskan apakah penyedia solusi cloud yang sedang bernegosiai dengan Anda cukup sudah cukup matang untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Apakah Mereka Mengerti Bisnis Anda?

Coba Anda beberapa studi kasus dari beberapa perusahaan atau daftar klien yang sudah mereka tangani. Apakah Mereka memilki pengalaman yang signifikan untuk mendukung bisnis yang sesuai dengan industri bisnis Anda?, dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga : 

Apakah Mereka Memberi informasi yang Anda butuhkan?

Idealnya, solusi cloud computing sebagian besar dioperasikan dengan hands-off, namun Anda masih memerlukan informasi untuk memandu keputusan Anda sehari-hari. Solusi unggulan yang diberikan akan memberikan laporan kinerja yang menunjukkan seberapa baik solusinya bekerja, dan cara untuk melacak dan memantau layanan, perubahan, pemadaman dan semua aspek lain yang relevan dari penawaran mereka. Carilah laporan yang ditargetkan untuk kebutuhan Anda sehingga Anda dapat membuat keputusan, namun tidak membuat Anda terbebani dengan informasi teknis.

 

Apakah Teknologi Mereka Memenuhi Kebutuhan Anda?

Terlepas dari apa yang Anda gunakan untuk solusi -email, penyimpanan, produktivitas, analisis data- ada beberapa kemampuan teknis yang harus dimiliki penyedia solusi terbaik. Solusi cloud bisnis kecil harus mudah diterapkan, dikelola, dan ditingkatkan – sejauh Anda harus melakukan semuanya sama sekali. Setiap koneksi back-end seperti antarmuka program aplikasi (API) akan menggunakan standar industri sehingga kompatibel dengan solusi yang ada.

 

Apakah Mereka Serius Menangani Keamanan?

Meskipun keamanan sering menjadi perhatian utama saat awalnya menerapkan solusi cloud, sebagian besar penyedia solusi cloud utama dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada bisnis kecil atau menengah biasa yang dapat mereka capai sendiri. Tetap saja, ada beberapa kemampuan spesifik yang harus Anda cari saat membuat pilihan Anda. Pertama, mereka memerlukan kebijakan dan prosedur keamanan yang komprehensif untuk mengendalikan akses terhadap sistem mereka, dan mereka harus dapat memberi tahu Anda tentang kebijakan dan prosedur tersebut. Manajemen identitas yang kuat dapat mencegah perubahan yang tidak sah terhadap aplikasi dan data. Backup data adalah suatu keharusan, karena ini mengetahui apa yang vendor akan lakukan dengan informasi Anda jika Anda pernah memilih untuk meninggalkan layanan ini. Dan, Anda harus yakin bahwa mereka dapat melindungi informasi Anda bahkan jika terjadi bencana.

 

Sebelum mengeluarkan sejumlah uang dan berkomitmen pada satu penyedia solusi cloud, luangkan waktu untuk melihat lebih dalam pada penyedia untuk memastikan mereka adalah penyedia yang dapat Anda percaya. Penyedia solusi yang tepat menjadi seperti mitra untuk Anda dan dapat memberikan keuntungan strategis jangka panjang ke perusahaan Anda, jadi perlu dipilih dengan bijak.