Memanfaatkan Visualisasi Data untuk Kualitas Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Visualisasi Data untuk Kualitas Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Rosabeth Moss Kanter, profesor bisnis di Harvard Business School mengatakan, “a vision is not just a picture of what could be; it is an appeal to our better selves, a call to become something more“. Artinya, visualisasi menjadi salah satu metode untuk mengontrol situasi yang sulit dikendalikan.

Dalam berbagai aktivitas bisnis, Anda akan mendapati banyak kondisi yang tak bisa dikendalikan. Apalagi, berkaitan dengan data business intelligence dengan jumlah yang sangat besar. Data tersebut harus bisa dianalisis dengan tepat, sehingga pada akhirnya bisa membantu dalam proses pengambilan keputusan.

Ingat, pengambilan keputusan dalam bisnis tidak dilakukan secara serampangan. Semuanya harus dilakukan dengan basis data yang mendukung. Di sini, Anda membutuhkan kehadiran visualisasi data yang bisa membantu dalam melakukan analisis dengan lebih mudah.

Lalu, bagaimana bisa metode visualisasi data dapat membantu dalam proses analisis dan pengambilan keputusan? Ada 3 alasan utama yang bisa menjadi landasan pernyataan tersebut, yaitu:

  • Asimilasi banyak data dalam satu waktu

Alasan yang pertama adalah karena visualisasi data bisa mengasimilasikan berbagai data dalam sekali waktu. Dengan tampilan visual berbagai data dalam satu tempat, Anda bisa melihat korelasi antara masing-masing data.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Aberdeen Group, seorang manajer perusahaan bisa memperoleh informasi yang relevan 28% lebih efektif ketika menggunakan visualisasi data. Semakin menarik visualisasi data, semakin relevan informasi yang didapatkan.

  • Membantu menemukan korelasi yang jelas antara masing-masing operasi bisnis

Visualisasi data juga mampu membantu seorang manajer dalam melihat pola operasi bisnis dan performanya secara menyeluruh. Anda bisa melihat bagaimana korelasi antara tugas harian dengan performa jangka panjang perusahaan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membandingkan performa terbaru dengan data yang lebih lama. Dari komparasi tersebut, analisis bisa dilakukan dengan lebih baik.

  • Membantu menemukan tren bisnis

Terakhir, visualisasi data bisa membantu Anda dalam melihat tren performa perusahaan secara menyeluruh. Dengan penyampaian data yang lebih sederhana, Anda juga bisa memperkirakan bagaimana tren yang bakal terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

Lalu, bagaimana cara menampilkan data secara visual dengan lebih menarik dan memperoleh manfaatnya? Apalagi, data business intelligence sebuah perusahaan jumlahnya tidak sedikit dan bisa datang dari berbagai sumber.

Kecanggihan teknologi saat ini memberi kemudahan dalam membuat data visual, termasuk data business intelligence. Microsoft menyediakan sebuah tool bernama Microsoft Power BI yang bisa membantu dalam menampilkan data secara visual dengan tampilan lebih menarik.

Power BI tidak hanya sekadar dipakai untuk menampilkan data berupa grafik atau tabel. Power BI bisa menampilkan berbagai data dalam beragam bentuk. Keberadaannya bisa digunakan untuk meningkatkan kreativitas Anda dalam membuat sebuah tampilan data jadi lebih menarik.

Nah, apakah Anda sudah pernah menggunakan Power BI dari Microsoft?