4 Hal yang Bisa Dilakukan AI untuk Dukung Sistem Cloud Computing

Artificial intelligence dan cloud computing telah dikombinasikan untuk memudahkan hidup jutaan orang. Microsoft Azure memadukan AI, machine learning dan cloud computing untuk para penggunanya. Dengan Microsoft Azure, Anda mendapatkan sejumlah layanan yang dapat membantu Anda membangun sistem serupa yang menggunakan machine learning dan AI. Mereka semua terdaftar di bawah kategori artificial intelligence Azure.

Di dalam skala yang lebih besar, perpaduan teknologi artificial intelligence dengan cloud computing membuat berbagai tugas perusahaan menjadi lebih efisien dan strategis. Cloud computing menawarkan lebih banyak fleksibilitas, kelincahan dan penghematan biaya dengan menghosting data dan aplikasi di cloud.

Di dalam skala yang lebih besar, perpaduan teknologi artificial intelligence dengan cloud computing membuat berbagai tugas perusahaan menjadi lebih efisien dan strategis. Cloud computing menawarkan lebih banyak fleksibilitas, kelincahan dan penghematan biaya dengan menghosting data dan aplikasi di cloud.

Kemampuan kecerdasan buatan yang dibantu dengan cloud computing akan membantu perusahaan mengelola data, mencari pola dan wawasan dalam informasi. Selanjutnya, ini bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengoptimalkan alur kerja. Beberapa dukungan yang bisa diberikan oleh AI untuk meningkatkan kinerja cloud computing antara lain adalah:

1. AI untuk Memberdayakan Sistem Cloud dengan Pengelolaan Otomatis

Kecerdasan buatan ditanamkan ke dalam infrastruktur TI untuk membantu merampingkan beban kerja dan mengotomatiskan tugas yang berulang. Beberapa pakar telah memperkirakan bahwa saat AI menjadi lebih canggih, instance cloud privat dan publik akan mengandalkan tools AI ini untuk memantau, mengelola, dan bahkan memulihkan diri sendiri ketika ada masalah. Ketika berbagai tugas berhasil diotomatiskan, tim IT hanya tinggal fokus pada aktivitas strategis bernilai lebih tinggi.

2. Peningkatan Kualitas Manajemen Data

Pada tingkatan cloud, artificial intelligence mampu meningkatkan kinerja dalam pengelolaan data. Banyaknya repositori yang dihasilkan dan dikumpulkan oleh sebuah bisnis membuat proses identifikasi dan pengelolaannya memakan waktu yang tidak sedikit. Solusi cloud computing sudah menggunakan tools berbasis AI untuk membantu dalam proses data. Di sektor perbankan misalnya, bahkan perusahaan keuangan yang kecil sekalipun harus mampu memantau ribuan transaksi per hari.

Tools berbasis AI dapat membantu merampingkan proses input, pembaruan dan pengelolaan data sehingga lembaga keuangan lebih muda menawarkan data secara real-time dan akurat kepada klien. Proses yang sama juga bisa membantu mengidentifikasi adanya aktivitas penipuan dan area berisiko lainnya. Hal ini secara umum akan memberikan dampak yang besar pada bidang-bidang seperti pemasaran, layanan pelanggan hingga manajemen data rantai pasokan.

3. Menyelesaikan Lebih Banyak Tugas Lewat Integrasi AI-SaaS

Tools berbasis kecerdasan buatan juga diluncurkan sebagai bagian dari platform Software-as-a-Service (SaaS) untuk memberikan nilai lebih. Semakin banyak penyedia SaaS yang mengintegrasikan teknologi AI ke dalam rangkaian perangkat lunak mereka untuk menawarkan fungsionalitas dan nilai yang lebih besar kepada end user.

Salah satu contoh yang paling populer adalah platform manajemen hubungan pelanggan Salesforce dan tool Einstein AI-nya. Einstein membantu mengubah data menjadi wawasan yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis untuk meningkatkan strategi penjualan serta menaikkan engagement dengan pelanggan. Tool ini juga bisa membantu mencari tahu pola interaksi yang disukai pelanggan. Dengan memilih metode yang paling sesuai, peluang konversi juga akan semakin besar.

4. Memanfaatkan Layanan Cloud yang Dinamis

Artificial intelligence sebagai sebuah layanan juga memperbarui cara bisnis bekerja. Salah satu contohnya adalah modul harga ritel berbasis cloud yang memudahkan brand untuk menjual produk mereka. Modul ini memiliki penetapan harga yang secara otomatis bisa menyesuaikan diri tergantung beberapa faktor seperti permintaan, penjualan pesaing hingga tren pasar.

Modul yang didukung oleh AI seperti ini akan membantu perusahaan memastikan harga yang mereka pasang memang optimal. Ini bukan hanya tentang memanfaatkan data saja tapi juga melakukan analisis dan mengimplementasikannya tanpa harus menggunakan campur tangan manusia.

Artificial intelligence dan sistem komputasi awan sudah mengubah cara kerja bisnis di setiap level. Meskipun beberapa contoh di atas sudah kita temukan, tapi potensinya yang besar masih patut dinantikan pada tahun-tahun mendatang.

Modernkan proses bisnis Anda lebih cepat dengan Layanan AI Terapan Azure. Layanan AI Terapan menyatukan Layanan Kognitif Azure, AI khusus tugas, dan logika bisnis untuk menawarkan kepada Anda layanan AI turnkey untuk proses bisnis umum.

azure solutions

Posted by / November 15, 2021
Posted in
news