4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Migrasi ke Cloud Computing

Cloud merupakan salah satu produk hasil perkembangan teknologi penyimpanan data. Solusi cloud memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan dari semua ukuran.  Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang dari 10 persen organisasi percaya bahwa infrastruktur IT mereka yang ada sepenuhnya sudah siap untuk mengatasi proliferasi komputasi awan, perangkat seluler, media sosial, dan analitik data.

Di masa lalu, topik ini mungkin menjadi tanggung jawab departemen IT. Saat ini, pembuat keputusan bisnis merasa cloud sangat penting untuk kelancaran dan kesuksesan bisnis mereka karena sejumlah alasan. Untuk itu, lebih baik pahami pertimbangan-pertimbangan berikut sebelum melakukan migrasi ke cloud computing:

  • Tujuan yang jelas

Ini adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk migrasi ke cloud computing. Organisasi maupun perorangan harus punya tujuan bisnis yang jelas dan terukur. Selain itu, harus ada kesepakatan dengan sponsor terkait implementasi lingkup, tahapan, dan hasil yang diharapkan dari proyek migrasi ini.

  • Integrasi dengan data dan sistem yang sudah ada.

Cloud menawarkan implementasi yang lebih sederhana dan cepat. Pertimbangkan apakah sistem dan data yang sudah ada juga akan migrasi dan kapan pelaksanaannya. Memindahkan sistem yang sudah ada juga membawa risiko tersendiri. Jadi sebelum membuat keputusan, pastikan semua faktor sudah dipertimbangkan dengan baik.

  • Riset secara online dan mulai dengan yang gratis

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa banyak perusahaan besar memulai riset mereka secara online sebelum menghubungi penyedia layanan cloud. Tidak hanya itu, mulailah menggunakan layanan cloud secara gratis untuk membandingkan satu solusi dengan yang lain sehingga bisa memilih yang terbaik sesuai kebutuhan.

  • Hitung semua biaya, bukan hanya pembelian awal saja

Beberapa penyedia layanan cloud computing membebankan biaya tambahan untuk menggunakan fitur-fitur tertentu. Ini harus menjadi salah satu pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk migrasi dan memilih layanan cloud computing tertentu.

Perkembangan dunia digital menjadikan akses kecepatan yang ditawarkan oleh cloud adalah yang terpenting. Meskipun begitu, tetap penting untuk memiliki rencana dengan tujuan yang jelas dan pencapaian implementasi; itu sama pentingnya untuk bergerak cepat dan belajar sambil jalan.

Bagi banyak profesional IT, rencana implementasi yang mendetail harus segera digagas. Implementasi ini tentunya menyertakan cloud sebagai pilihan utama aplikasi untuk mendukung kinerja bisnis, baik organisasi maupun perorangan.

 

azure solutions

Posted by / December 3, 2021
Posted in
news