5 Alasan Cloud Backup Penting untuk Keamanan Siber Bisnis

Keamanan siber telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari dunia bisnis masa kini. Hampir semua perusahaan sudah memiliki cloud backup sebagai bagian dari strategi siber. Bagaimana jika perusahaan Anda belum memilikinya? Pastikan membuat investasi untuk sistem cloud untuk menyimpan data-data digital perusahaan secara aman dan praktis.

Berikut lima manfaat memiliki data backup berupa sistem cloud untuk menjaga keamanan siber perusahaan Anda.

 

1.     Pemulihan Setelah Kerusakan Infrastruktur

Bencana seperti kebakaran, banjir, gempa bumi, dan sejenisnya bisa menghancurkan infrastruktur teknologi yang penting untuk menyimpan data. Perusahaan yang bergantung pada tempat penyimpanan serta server fisik biasanya kesulitan mengembalikan data-data pentingnya. Hal ini bisa dicegah dengan sistem backup berbasis cloud.

Sistem cloud menyimpan salinan data di gudang virtual yang posisinya terpisah dari bangunan fisik perusahaan. Bahkan jika bangunan dan server mengalami kerusakan parah, Anda masih bisa mengakses data-data penting setelah mendapatkan fasilitas baru.

 

2.     Risiko Human Error Kecil

Kesalahan kecil oleh manusia bisa mengakibatkan bencana besar. Kesalahan penanganan infrastruktur, kekeliruan operasional, serta tindakan kriminal bisa membahayakan keamanan data jika Anda hanya mengandalkan infrastruktur fisik. Cloud menggunakan sistem otomatis dan autentikasi akses berlapis untuk mengurangi bencana akibat manusia.

 

3.     Mudah Menentukan Akses dan Skala Penyimpanan Data

Sistem cloud menghadirkan otomatisasi yang memudahkan penentuan akses. Anda bisa dengan mudah menentukan siapa yang berhak mengakses data tertentu lewat perangkat masing-masing. Anda juga bisa dengan mudah menentukan skala penyimpanan data, menyesuaikannya dengan kebutuhan serta kapasitas pembagian ruang dalam cloud. Hal ini menjamin keamanan data serta pengelolaan data.

 

4.     Ada Jaminan Pemeliharaan Rutin

Menyimpan data di server lokal tidak hanya menuntut Anda mengganti server setiap beberapa tahun, tetapi juga mempekerjakan tim IT untuk pemeliharaan rutin. Hal ini membutuhkan biaya besar, sesuatu yang cukup membebani perusahaan kecil serta menengah. Sebaliknya, jika menggunakan cloud, Anda cukup menyerahkan pemeliharaan pada penyedia jasa. Anda juga tidak perlu mengganti perangkat keras secara berkala.

 

5.     Sistem Keamanan Data Berlapis

Infrastruktur cloud berkualitas memiliki sistem keamanan berlapis yang menjamin keamanan data Anda secara lebih andal. Perangkat backup seperti AOne Cyber Protection memiliki sistem keamanan lengkap, termasuk antimalware dan antivirus. Keduanya menawarkan perlindungan ekstra untuk data perusahaan.

 

Menggunakan cloud backup seperti AOne Cyber Protection tidak hanya melindungi data perusahaan, tetapi juga memudahkan aktivitas rutin seperti pemeliharaan. Jadikan teknologi penyimpanan cadangan data ini sebagai bagian penting dari pengamanan siber bisnis Anda.

Posted by / September 21, 2020
Posted in
news