5 Fitur Data Eksplorasi Power BI untuk Memudahkan Pembuatan Laporan

5 Fitur Data Eksplorasi Power BI untuk Memudahkan Pembuatan Laporan

Eksplorasi bertujuan untuk mengecek pola data, model sebaran, serta mencari bentuk penyimpangan yang mungkin terjadi. Dari hasil penelusuran tersebut, Anda bisa menentukan metode penyelesaian jika ada kesalahan dalam visualisasi. Pada Power BI, eksplorasi tak hanya bertujuan untuk menelusuri informasi tertentu. Fungsi ini juga membantu Anda dalam membagikan laporan kepada tim di perusahaan dan memonitornya setiap saat.

Jadi, apa saja fitur data eksplorasi yang tersedia di Power BI? Simak pembahasannya berikut ini, yuk.

Quick Insights

Quick Insight merupakan fitur eksplorasi yang memudahkan Anda untuk melakukan pencarian informasi. Proses penelusuran menggunakan machine learning agar hasilnya akurat dan tepat. Selama kurang lebih 20 detik, dashboard menyuguhkan opsi “View Insight”.

Klik pilihan tersebut; otomatis visualisasi disajikan secara lengkap di dashboard Power BI. Anda bisa melihat trends atau memilih informasi penting untuk dijadikan laporan.

Berbagi Dashboard

Setelah mendapatkan informasi penting, mungkin Anda ingin membagikannya kepada beberapa orang. Nah, fitur Share Dashboard inilah yang bisa digunakan sebagai media pengirim laporan. Antarmukanya hampir mirip Email, tetapi lebih simpel.

Halaman Share Dashboard ini terdiri dari alamat Email penerima, kolom teks, serta opsi untuk izin akses ke dasbor Anda. Untuk memunculkan tampilan tersebut, klik menu “Share” di sebelah kanan atas. Namun, dasbor yang Anda share hanya bisa dilihat oleh pemilik akun Power BI. Karena itu, penerima harus melakukan registrasi di Power BI sebelum mengakses dasbor tersebut.

Visual and Tiles Full-Screen

Visual and Tiles-Screen merupakan fitur yang digunakan untuk melihat data secara detail. Di fitur ini terdapat ikon “Focus Mode” yang berbentuk amplop. Ketika Anda mengekliknya, tampilan tile mencakup seluruh dasbor. Model “Focus Mode” menjadikan visualisasi terlihat lebih luas. Dengan fitur ini, Anda dapat menemukan beberapa data penting yang tidak ditampilkan di tile ukuran normal.

Full-Screen Mode

Saat Anda melihat visualisasi di dasbor, beberapa bagian informasi mungkin tidak terlihat. Visualisasi seperti itu bisa saja terjadi manakala data yang dimuat sangat banyak.

Solusinya, Anda bisa menggunakan fitur Full-Screen Mode. Ikonnya ada di sebelah kanan atas dasbor klik untuk menampilkan seluruh informasi di layar komputer. Selain itu, Full-Screen Mode mampu meningkatkan ukuran huruf atau angka sehingga tampak lebih jelas.

Personal Gateway

Personal Gateway membantu Anda dalam memperbarui dataset secara otomatis. Pasalnya, fitur ini terhubung dengan sumber data lokal. Jadi, sistemnya bisa bekerja tanpa konfigurasi pengguna. Namun, komputer harus tetap terkoneksi internet supaya fungsi gateway dapat digunakan.

Fitur eksplorasi dalam Power BI memudahkan dalam pembuatan laporan terkini berdasarkan detail informasi yang ditampilkan dan disegarkan. Dengan demikian, tak perlu ragu lagi untuk memilih Power BI sebagai pendukung bisnis Anda.