5 Fitur Keren Microsoft Teams, Buat Kerja Tim Lebih Efektif

Bekerja dari rumah kini bukan lagi hal aneh. Tanpa perlu menembus kemacetan lalu lintas untuk tiba di kantor, Anda tetap bisa melakukan koordinasi tim secara efektif dengan Microsoft Teams, salah satu aplikasi penting dalam Microsoft 365.

Masalahnya, tidak semua orang familier dengan video chat atau video conference. Belum lagi soal tempat yang “pantas” untuk berjumpa atasan dan rekan kerja secara virtual. Nah, jika Anda baru kali pertama memakai Teams atau ingin meningkatkan efektivitas koordinasi tim, coba cek dulu 5 fitur keren Teams berikut ini.

1.      Background yang dapat dibuat blur

Tidak punya ruang kerja yang rapi dan pantas di rumah sebagai latar saat video conference dengan atasan dan kolega? Manfaatkan fitur background blur untuk mengatasi masalah itu. Fitur ini bisa menyamarkan objek di belakang Anda sehingga hanya wajah Anda yang tampak jelas di depan kamera.

2.      Meeting whiteboard

Senang berbagi ide dengan mencorat-coret saat berdiskusi? Teams punya fitur whiteboard yang bisa jadi area Anda menuangkan coretan ide sekaligus berbagi konten secara real-time. Tersedia berbagai warna spidol berbeda dan pilihan grafik yang cocok untuk kolaborasi visual selagi meeting.

3.      Tandai konten yang dibutuhkan

Mengakses kembali informasi yang telah dibagi dengan cepat jadi hal penting demi kelancaran pengerjaan proyek Anda. Teams menawarkan opsi bookmark konten yang dibutuhkan, baik dalam bentuk pesan maupun attachment. Anda bisa mengelompokkan konten informasi itu sesuai prioritas sehingga tidak perlu lagi buang waktu untuk mencari data.

4.      Sinkronisasi SharePoint

Anda punya kumpulan file di SharePoint dan ingin berbaginya melalui Teams? Tentu saja bisa! Cukup tambahkan halaman SharePoint pada kanal Teams. Anda bisa memakai semua fitur SharePoint dari Teams tanpa perlu berganti jendela aplikasi.

5.      Cloud recording dengan transkrip otomatis

Perlu dokumentasi setiap kegiatan yang dilakukan secara online? Teams menyediakan fitur cloud recording dilengkapi oleh transkrip otomatis. Anda dapat merekam proses meeting tersebut. File hasil rekaman akan tersimpan di cloud drive. Mendengarkan kembali diskusi tim dan menemukan informasi spesifik pun lebih mudah karena semua percakapan sudah berbentuk transkrip.

 

Berbekal 5 fitur keren Microsoft Teams, Anda dapat berkoordinasi dengan tim dari rumah secara efektif. Masih banyak lagi fitur menarik yang dapat Anda coba untuk meningkatkan produktivitas kerja tim. Siap mengeksplorasi Teams lebih jauh?

Posted by / December 3, 2020
Posted in
news