5 Fitur Microsoft Teams agar WFH Lebih Produktif

Pandemi Covid 19 yang berlangsung setahun belakangan membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan PSBB untuk membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Hal ini memicu pemilik usaha menerapkan sistem WFH atau work from home agar produktivitas karyawan tetap terjaga.

Untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi, perusahaan menyediakan layanan penunjang seperti Microsoft 365. Harapannya dengan layanan ini, para karyawan tetap bisa berkolaborasi meskipun bekerja dari rumah. Di antara produk Office 365 yang kerap digunakan untuk bekerja adalah Microsoft Teams.

Teams merupakan layanan video conference yang dapat dioperasikan dari desktop maupun smartphone. Dengan layanan ini, para karyawan tetap saling terhubung kapan pun dan di mana pun. Apalagi Teams mendukung integrasi dengan layanan Office 365 lainnya seperti email, worksheet, ataupun cloud storage.

Teams bukan hanya tentang kolaborasi. Layanan ini juga didukung sistem keamanan canggih. Jadi Anda tidak perlu khawatir terjadi kebocoran data. Selain yang telah disebutkan, Teams menawarkan berbagai fitur lain untuk mendukung praktik kolaborasi agar karyawan tetap produktif selama WFH.

Baca juga : Menggunakan Fitur Breakout Rooms di Microsoft Teams

Berikut ulasannya.

Solusi Messaging Lengkap

Selain video conference, fitur messaging merupakan bagian penting dari Teams. Fitur ini merupakan solusi perpesanan profesional yang terintegrasi dengan berbagai perangkat. Melalui fitur messaging dari Teams, Anda tidak hanya bisa mengirim teks, pesan suara, maupun gambar, tetapi juga melakukan video call.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu mengakses layanan messaging dan memilih format pesan yang diinginkan Serunya, layanan pesan yang dibuat bisa ditentukan akan dikirim ke satu atau beberapa orang sekaligus dengan cara membuat channel untuk tim kerja.

Jadi kita tidak perlu repot mem-forward pesan dari satu chat ke yang lainnya. Seperti aplikasi messenger pada umumnya, messaging pada Teams juga bisa disisipi stiker dan emoji yang membuat pengalaman berkirim pesan lebih menyenangkan. Pengguna juga bisa berbagi file dalam berbagai format sehingga WFH pun akan semakin mudah.

Terintegrasi dengan Microsoft 365

Seperti sempat disinggung sebelumnya, salah satu keistimewaan Teams adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan berbagai layanan dari Microsoft 365 seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Hal ini belum tentu bisa kita nikmati dari aplikasi video conference lainnya.

Apalagi ketika membuat Teams, kita juga bisa mengelompokkan setiap kontak ke beberapa grup sehingga proses komunikasi menjadi lebih mudah dan tepat sasaran. Ditambah fitur multi windows, Anda tidak perlu repot membuka tutup aplikasi untuk melakukan pekerjaan lain. Hal ini membuat Teams layaknya mini virtual office.

Terdapat Banyak Add-Ins

Belakangan Microsoft menambahkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan jika Anda membutuhkannya. Anda hanya perlu mengakses Microsoft Store untuk menambahkan Adds-In untuk untuk disambungkan dengan Teams seperti Adobe Creative Cloud, MURAL, WebEngage, YellowAnt, dan Egnyte.

Integrated Teams and RealWear HMT-1 Head-Mounted Device

Fitur unik lain dari Teams adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan head-mounted-device berupa helm berteknologi tinggi. Fitur ini dapat digunakan ketika ada pekerja yang turun ke lapangan dan butuh koordinasi langsung dengan mereka yang sedang bekerja di kantor atau rumah.

Fitur ini juga dapat memaksimalkan produktivitas sebab setiap keputusan yang dibuat di Teams bisa langsung disampaikan pada pekerja lapangan secara real time. Didukung fasilitas antibising, bekerja menggunakan fitur ini akan membuat setiap proyek yang dilakukan selesai tepat waktu.

Dukungan Terhadap Offline dan Bandwith Rendah

Bagi yang sedang WFH tetapi terkendala jaringan karena mati lampu, sinyal buruk, atau cuaca yang tidak mendukung, jangan khawatir. Microsoft merancang Teams agar bisa digunakan dalam kondisi apa pun bahkan ketika kita sedang tidak terhubung dengan internet atau jaringan yang dipakai bandwith-nya terlalu rendah.

Dengan fitur ini, pengguna bisa tetap membaca chat dan menulis tanggapan sehingga koordinasi tetap bisa dilakukan meskipun kondisi tidak memungkinkan. Fitur ini merupakan salah satu andalan Teams yang membuat layanan ini berbeda dengan aplikasi video conference lainnya.

Itulah beberapa fitur Teams dari Microsoft 365 yang dapat membantu kita bekerja lebih produktif dan efisien di mana dan kapan saja. Semoga bermanfaat.

Posted by / March 19, 2021
Posted in
news