5 Manfaat Migrasi ke Cloud untuk Mendukung Bisnis

Migrasi ke cloud memiliki segudang manfaat untuk menunjang bisnis kita. Di era digital ini, cloud merupakan produk teknologi yang banyak dipakai karena dapat menyederhanakan pekerjaan dan memudahkan dalam proses pengelolaan data. Berikut lima manfaat yang bisa diperoleh bila beralih ke cloud.

1.      Mengamankan data

Data adalah komponen yang amat penting bagi keberlangsungan bisnis. Kehilangan data-data seperti data transaksi, catatan keuangan, dan lain sebagainya, bisa berakibat fatal bagi bisnis yang tengah dijalankan. Keberadaan cloud akan sangat membantu dalam mengamankan serta mengendalikan berbagai data. Ketika perangkat yang biasa kita pakai untuk mengakses data mengalami masalah atau kerusakan, data akan tetap aman tersimpan di cloud.

2.      Efisiensi biaya

Migrasi ke cloud menjadi solusi untuk pengeluaran yang lebih efisien. Memanfaatkan cloud untuk menyimpan aset-aset digital dapat menekan biaya pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur IT. Kita hanya perlu membayar layanan cloud dan kapasitas server sesuai besar penggunaannya.

3.      Efisiensi waktu

Membangun pusat data membutuhkan infrastruktur yang tidak sedikit dan penanganan yang intensif terkait server, platform, aplikasi, hingga keamanan data. Dengan memercayakan manajemen IT pada sistem cloud, para pelaku usaha juga dapat memiliki keleluasaan waktu untuk lebih fokus dalam mengembangkan bisnis mereka.

4.      Pembaruan software secara otomatis

Penyedia layanan cloud memiliki teknologi terkini untuk pembaruan software. Dengan memakai cloud, kita pun tidak lagi dibuat repot untuk melakukan pembaruan perangkat lunak. Semua fitur secara teratur akan otomatis diperbarui sehingga sistem dapat terus beroperasi dengan optimal.

5.      Fleksibilitas

Migrasi ke cloud juga dapat menawarkan fleksibilitas dalam menjalankan bisnis. Mereka yang terlibat dalam bisnis bisa mengakses aplikasi dan data lewat media apa pun di mana saja—sepanjang perangkat yang digunakan terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil.

Itulah tadi lima manfaat migrasi ke cloud yang dapat mendukung bisnis kita berkembang lebih besar lagi. Microsoft Azure merupakan sistem cloud yang sangat direkomendasikan karena benar-benar terpercaya, kualitas sistem keamanannya sangat baik, dan kapasitas layanannya pun dapat disesuaikan dengan skala bisnis yang kita jalankan.

 

azure solutions

Posted by / December 10, 2021
Posted in
news