5 Skill Business Intelligence Mumpuni yang Dapat diasah dengan Power BI

5 Skill Business Intelligence Mumpuni yang Dapat diasah dengan Power BI

Dewasa ini, hampir semua industri menggunakan teknologi Business Intellegence (BI), terutama industri Teknologi Informasi dan kesehatan. Posisi manajer dan eksekutif perlu lebih mengenal BI untuk membuat keputusan yang efektif berdasarkan data bagi perusahaan mereka. Arsitek data, analis data, dan analis BI pun diharuskan memiliki skill intelegensi bisnis yang mumpuni.

Bagaimana ilmu BI menjadi bermanfaat untuk kemajuan sebuah perusahaan

Business Inteligence dapat menjadi bagian dari sebuah proses transformasi sebuah perusahaan, karena mempermudah perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih baik, efektif, dan objektif (berdasarkan data dan fakta, bukan asumsi semata). Proses berawal dari pengumpulan data, pengubahan data menjadi informasi, analisis data untuk mengkaji dan memahami informasi dari data secara mendalam, penyusunan taktik bisnis, dan terakhir, pelaksanaan.

Microsoft memberikan solusi menarik untuk kesuksesan perusahaan Anda

Perusahaan teknologi raksasa Microsoft memperkenalkan pada Anda seperangkat alat analisis data bisnis sebagai solusi untuk mencapai kemajuan pesat perusahaan anda, yaitu Power BI. Menganalisis data dari berbagai sumber dan menyulapnya menjadi sebuah laporan menarik secara visual, lalu mempublikasikannya ke seluruh bagian perusahaan baik secara offline maupun online belum pernah semudah dengan Power BI.

Lalu, apa saja skill utama yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Power BI?

Bagi anda yang baru saja memulai berkarir di bidang BI akan sangat terbantu dengan menggunakan Power BI. Tidak hanya kemajuan perusahaan yang diraih, tapi juga lebih terasahnya skill atau keterampilan yang sangat diperlukan untuk dapat bekerja di bidang ini. Di antaranya adalah:

Kemampuan analitik terhadap data

Skill yang satu ini tentu saja menjadi hal paling utama yang harus diprioritaskan dalam pekerjaan di bidang BI. Dengan skill ini anda dapat melihat korelasi dan makna dari sebuah bahkan ribuan data mentah yang disajikan. Inilah yang disebut kemampuan analitik atau kemampuan menganalisis.

Ilmu komunikasi

Bidang Business Intelligence memang membutuhkan keterampilan khusus yang tidak dapat dipelajari secara instan, namun ilmu komunikasi tidak dapat diremehkan keterkaitannya dengan bidang ini. Bila anda bekerja di bidang BI, Anda tak hanya harus dapat menganalisis data, tapi juga menginformasikannya dengan baik dan benar kepada orang lain, termasuk klien dan kolega yang belum tentu memahami dunia BI.

Pengetahuan di bidang industri

Keterampilan ini harus dipelajari secara lebih spesifik, tergantung pada industri apa perusahaan Anda menjalankan bisnisnya. Bila anda bekerja pada perusahaan e-commerce di bidang kesehatan misalnya, anda harus mengetahui tren yang sedang berlangsung di bidang tersebut. Dengan demikian, anda dapat memahami dan menggunakan data lebih mendalam sehingga dapat tercapai solusi bisnis yang lebih efektif bagi perusahaan.

Pemrograman SQL

Bahasa pemrograman SQL (Structured Query Language) pada umumnya digunakan dalam pengelolaan data, khususnya pada bidang intelegensi bisnis. Terdapat berbagai bahasa pemrograman, namun SQL adalah yang paling umum yang dapat anda pelajari.

Pencari solusi yang efektif

Dengan Power BI anda juga dapat menjadi pencari solusi yang efektif, karena dalam bidang BI tidak cukup hanya kemampuan analitik terhadap data, tapi juga kemampuan memberikan solusi atau setidaknya saran yang jelas agar perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat sasaran.
Jadi, segera mulailah menganalisis data dengan Power BI dan dapatkan solusi bisnis yang jauh lebih baik untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan anda.

Tertarik untuk Menggunakan Microsoft Power BI?

Konsultasikan produk Power BI yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

Ikuti pelatihan Power BI dan dapatkan sertifikat resmi.

 

Posted by / September 21, 2018
Posted in
news