5 Tips Aman Conference Call dengan Microsoft Teams

Bagaimana Anda mengelola tim ternyata berpengaruh pada efisiensi dan produktivitas kerja anggota. Sekalipun Anda bekerja dari rumah, Microsoft Teams bisa memberi ruang untuk berdiskusi bersama secara online selayaknya diskusi tatap muka. Berbagi gagasan dan dokumen dapat terselenggara lewat conference call dengan Teams.

Sebagai aplikasi yang terintegrasi dalam layanan Microsoft 365 Business, Teams telah menjadi favorit banyak perusahaan, mulai dari skala kecil hingga besar. Maka, memperhatikan aspek keamanan saat conference call jadi faktor kunci. Khusus untuk Anda, mari simak bagaimana tips aman berdiskusi melalui Teams berikut ini.

Baca juga : 5 Tips Menjaga Keamanan Data Perusahaan dengan Microsoft 365

1.      Cek lebih dulu output audio dan video

Bertemu kolega tetapi harus “bersahabat” dengan kebisingan suara di rumah? Solusi paling tepat adalah mengenakan earphone atau headset yang terintegrasi dengan microphone. Ini akan membuat suara Anda terdengar lebih jelas saat meeting berlangsung. Lebih aman jika Anda cek pengaturan audio dan video dahulu sebelum melakukan panggilan atau memasuki ruang meeting.

2.      Background blur

Keterbatasan ruang di rumah membuat Anda berjibaku untuk tampil sedikit rapi ketika meeting di Teams berlangsung. Rapikan ruang tempat Anda meeting semaksimal mungkin. Lalu, aktifkan fitur background blur untuk mengatasi masalah itu. Hanya wajah Anda yang tampak jelas di layar, sedangkan bagian latar akan tersamarkan. Anda dapat melakukannya sebelum mulai meeting atau ketika meeting berjalan.

3.      Pelajari tombol kendali Teams

Menjaga situasi pertemuan tetap tenang tanpa interupsi suara atau video aneh yang mengganggu jadi bagian dari etika meeting online. Maka, Anda perlu mempelajari lebih dulu tombol kendali Teams supaya tahu kapan harus mematikan dan mengaktifkan kembali video serta audio. Cek juga beberapa pengaturan lain, seperti share screen, meeting notes, chat, dan partisipan.

4.      Berhati-hati saat share screen

Risiko informasi pribadi atau aktivitas lain terlihat ketika share  screen memang besar. Namun, Teams menyediakan opsi untuk berbagai program yang telah ditentukan saja. Kecuali program yang hendak ditayangkan, aplikasi lain akan terlihat seperti kotak abu-abu di mata kolega Anda.

5.      Aktifkan live caption

Mendadak tidak bisa menemukan headset atau harus mute audio laptop Anda selagi meeting? Aktifkan saja live caption. Meski akurasi caption tidak selalu tepat, tetapi fitur ini cukup membantu bagi Anda yang senang membaca teks saat video call berlangsung.

 

Dengan 5 tips aman Microsoft Teams saat conference call, Anda bisa fokus menjalani pertemuan tanpa rasa was-was melakukan kesalahan tertentu. Semoga tips tersebut membantu!

Posted by / March 22, 2021
Posted in
news