7 Fitur Microsoft 365 Terbaik untuk Mendukung Bisnis Kecil

Program komprehensif yang menawarkan banyak fitur menjadi andalan Microsoft 365 dalam mendukung bisnis kecil. Program ini memiliki fitur dengan berbagai fungsi yang cukup mudah dipelajari. Setiap fitur menawarkan kategori dengan rentang harga berbeda yang bisa Anda sesuaikan untuk kebutuhan bisnis.

Berikut tujuh fitur yang akan mendukung berbagai aktivitas dalam menjalankan serta mengembangkan usaha kecil.

1.     OneDrive

Setiap bisnis membutuhkan tempat penyimpanan dokumen yang aman dan berkapasitas besar. OneDrive tersedia sejak awal Anda mengunduh program Microsoft 365. Anda bisa menyimpan data hingga 1 TB, mulai dari dokumen usaha, foto-foto, video, ilustrasi digital, materi promosi, dan sebagainya.

OneDrive lebih dari tempat penyimpanan. Anda bisa menggunakannya untuk berbagi dokumen dengan rekan atau karyawan dari lokasi mana pun. Anda juga bisa mengatur agar orang lain hanya bisa mengakses folder tertentu.

2.     Word

Versi baru Microsoft Word menawarkan fungsi seperti penerjemahan, penulisan artikel untuk halaman situs, hingga penyusunan tata letak untuk membuat brosur, halaman buku, hingga presentasi. Word juga mendukung kerja kolaborasi sehingga rekan kerja atau pegawai Anda bisa memeriksa, mendiskusikan, dan mengomentari dokumen bersama-sama tanpa harus berhadapan.

Perlu membuat dokumen untuk mencetak atau mengirim beragam materi? Gunakan daftar templat Word untuk membuat brosur, menu, resume, surat resmi, undangan, poster, hingga sertifikat. Anda bisa dengan mudah mendesain semuanya tanpa harus menyewa desainer profesional, terutama saat baru membangun bisnis.

3.     Excel

Excel adalah fitur klasik dengan beragam manfaat untuk pebisnis kecil. Anda bisa mengorganisasi daftar inventori dan beragam transaksi. Tabel dan diagram tersedia untuk membuat laporan dan analisis, cocok untuk pebisnis kecil yang punya visi mengembangkan usaha. Microsoft 365 juga membantu Anda berkolaborasi dengan pihak lain untuk menggarap data dan tabel Excel tanpa harus bertatap muka.

4.     Outlook

Ingin lebih terorganisir saat mengelola usaha yang sedang berkembang? Manfaatkan Microsoft Outlook. Fitur ini adalah alat manajemen kerja untuk mengatur email, kalender, kontak, dan daftar tugas pada satu tempat. Cocok untuk Anda yang ingin lebih teratur dalam mengelola bisnis tetapi tidak ingin membeli atau menggunakan terlalu banyak produk.

Microsoft Outlook membantu pemilik bisnis mengelompokkan semua email di satu tempat, membuat jadwal hal penting seperti pembelian, janji pertemuan, serta inventori di Calendar, serta mengelompokkan kontak penting. Sistem enkripsi membuat data-data email dan daftar kontak Anda aman. Anda bahkan bisa langsung mengakses fitur lain seperti Word dan Excel.

5.     Microsoft Teams

Membangun bisnis kecil kini tidak lagi mengharuskan orang untuk selalu berada di tempat yang sama. Microsoft Teams adalah fitur untuk mengelola konferensi dan rapat daring serta dokumen-dokumen yang diperlukan dalam situasi tersebut. Anda dan rekan usaha atau tim bisa mengakses semua produk Microsoft 365 langsung dari Teams sehingga memudahkan untuk kerja kolaborasi.

Microsoft Teams tersedia dalam versi gratis, cocok untuk yang baru memulai usaha. Ketika bisnis sudah berkembang, Anda bisa menambah kapasitas serta keunggulannya dengan membeli produk kategori Basic dan Business Standard.

6.     PowerPoint

PowerPoint kini lebih dari alat presentasi pasif untuk mahasiswa atau pekerja kantoran. Anda bisa memanfaatkan PowerPoint dalam proses pengembangan bisnis dari level kecil ke menengah. PowerPoint versi masa kini memiliki lebih banyak alat untuk merancang materi top, cocok untuk persiapan presentasi di depan calon pemilik modal, klien, calon konsumen, dan sebagainya.

PowerPoint versi baru memiliki fitur canggih seperti animasi 3D dan alat yang menerjemahkan kata-kata Anda menjadi teks. Ada juga AI-powered coach, “pelatih” yang bisa meningkatkan mutu teknik presentasi Anda.

7.     Planner

Kunci mengembangkan bisnis adalah disiplin dalam mengelola waktu dan daftar kegiatan. Microsoft Planner membantu Anda merencanakan kegiatan seperti pembukaan usaha, proyek individu, rapat, persiapan pameran, dan sebagainya dalam bentuk tahap-tahap. Anda bisa membagi daftar kegiatan dalam hitungan hari, minggu, dan bulan. Dengan Microsoft Planner, tidak ada lagi alasan kelupaan atau lalai mengerjakan daftar pekerjaan saat berusaha membangun usaha.

 

Selain ketujuh fitur di atas, jangan lupa gunakan cloud service seperti Azure untuk mendukung kolaborasi dan penyimpanan dokumen, terutama jika Anda ingin mengembangkan usaha. Aplikasikan fitur-fitur tersebut dan buktikan sendiri manfaatnya untuk bisnis.

Posted by / March 1, 2021
Posted in
news