7 Manfaat Windows Virtual Desktop Azure untuk Pebisnis

Windows Virtual Desktop merupakan salah satu fitur unggulan di Microsoft Azure. Pemanfaatannya secara khusus dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi kerja para karyawan yang tengah work from home (WFH). Meski, tak menutup kemungkinan pula perusahaan memanfaatkan Windows Virtual Desktop untuk penggunaan di kantor.

Fitur Windows Virtual Desktop memungkinkan para karyawan untuk mengakses virtual machine yang berjalan di platform cloud Azure. Saat menggunakan Windows Virtual Desktop, Anda memang perlu melakukan pengaturan yang cukup rumit. Namun, ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari penggunaan tool ini. Terdapat 7 benefit utama yang bisa Anda dapatkan kalau menggunakan Windows Virtual Desktop, yakni:

Baca juga: Apa Itu Windows Virtual Desktop dan Bagaimana Menggunakannya

1. Platform remote yang reliable

Keuntungan pertama dari penggunaan Windows Virtual Desktop Azure adalah kesempatan memperoleh layanan yang bisa diandalkan. Windows Virtual Desktop memungkinkan Anda untuk memperoleh akses Windows 10 bagi setiap karyawan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengandalkan berbagai aplikasi pendukung yang mendorong produktivitas karyawan.

Apa saja aplikasi pendukung itu? Pilihannya sangat banyak, semua terangkum dalam Microsoft 365. Di situ, Anda tidak hanya mendapatkan akses ke Office 365, tetapi ada pula opsi layanan berbasis cloud lainnya seperti Teams, Exchange, SharePoint, OneDrive, dan lain sebagainya.

2. Kemudahan aksesibilitas

Pemanfaatan Windows Virtual Desktop memungkinkan karyawan untuk mengakses pekerjaan dari mana saja. Mereka punya kebebasan untuk mengaksesnya dari rumah, kantor, taman, kafe, dan lain sebagainya. Syaratnya, Anda hanya perlu memastikan kalau karyawan mempunyai konektivitas internet yang aman.

Tak hanya itu, akses ke Windows Virtual Desktop di Microsoft Azure bisa Anda lakukan dengan berbagai jenis perangkat. Anda tidak cuma bisa menggunakan komputer desktop. Namun, ada pula pilihan untuk memanfaatkan perangkat MacOS, Linux, iOS, Android, dan bahkan bisa diakses lewat aplikasi browser.

3. Manajemen infrastruktur IT yang praktis

Saat menggunakan Windows Virtual Desktop di Azure, Anda tidak perlu bingung dalam pengelolaan infrastruktur IT. Dalam penggunaan layanan ini, Anda menggunakan infrastruktur virtual yang telah disiapkan oleh Microsoft. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan anggaran khusus untuk perawatannya.

Sebagai gantinya, Anda dapat lebih memfokuskan pada kualitas kenyamanan para pengguna dan aplikasi yang digunakan. Pemakaian layanan Azure memungkinkan pelaku UKM untuk menjalankan infrastruktur IT yang tidak kalah dibandingkan dengan perusahaan besar.

promo azure

4. Keamanan data bisnis

Keuntungan berikutnya dari pemakaian Windows Virtual Desktop Azure adalah berkaitan dengan keamanan data penting perusahaan. Para pengguna Azure akan mendapatkan beberapa fitur yang punya peran dalam memproteksi data, termasuk di antaranya adalah Azure Sentinel, Azure Firewall, serta Azure Security Center.

Tidak hanya itu, Windows Virtual Desktop memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengaturan akses karyawan mudah. Terdapat fitur Azure Active Directory Conditional Access yang bisa Anda pakai. Fitur ini berguna untuk mengatur user serta perangkat yang terhubung dengan layanan Windows Virtual Desktop.

5. Manajemen data yang rapi

Windows Virtual Desktop memungkinkan beberapa akses masuk beberapa user sekaligus. Meski begitu, Microsoft memastikan kalau data dari setiap user tidak akan semrawut. Alasannya, karena setiap pengguna akan mengakses virtual machine serta folder khusus masing-masing.

6. Pemanfaatan yang fleksibel

Tidak ada batasan jumlah pengguna ketika Anda menggunakan Windows Virtual Desktop. Microsoft memberikan layanan ini dengan sistem pembayaran sesuai pemakaian. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan penggunaan layanan ini berdasarkan tingkat pemakaian.

7. Biaya yang terjangkau

Keuntungan yang terakhir adalah biaya. Ketika menggunakan Windows Virtual Desktop, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pembangunan infrastruktur IT yang reliable dan aman. Tak hanya itu, Anda juga hanya perlu melakukan pembayaran untuk setiap fitur yang dipakai.

Dengan sistem pembayaran seperti itu, Microsoft Azure menjadi solusi yang praktis tidak hanya untuk perusahaan besar. Namun, para pendiri startup ataupun UMKM yang ingin mengembangkan bisnis, bisa pula memanfaatkan Azure.

Demikianlah 7 keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan fitur berupa Windows Virtual Desktop di Azure. Untuk pemanfaatan layanan cloud computing secara efektif, Solusi.com siap membantu Anda. Selanjutnya, Anda tinggal memperoleh manfaat dari penggunaan teknologi canggih Microsoft tersebut.

azure solutions

Posted by / April 12, 2021
Posted in
news