Apa Itu Microsoft Teams dan Fitur Utamanya

microsoft teams

Dunia bisnis modern di era New Normal selalu diwarnai dengan platform kolaborasi baru yang berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Tentu ada cukup banyak pilihan untuk dipilih, salah satu solusi terbaik yang sangat berguna untuk produktivitas tim Anda adalah Microsoft Teams. Tools ini sudah termasuk gratis dengan paket Office 365.

Mari kita ulas semua yang perlu Anda ketahui tentang solusi kolaborasi hebat ini untuk bisnis dan semua orang yang bekerja dalam sebuah tim profesional.

Apa itu Microsoft Teams?

microsoft teams adalah

Microsoft Teams adalah platform kolaborasi berbasis obrolan berfitur lengkap yang dapat mendukung aktivitas berbagi dokumen, rapat online, dan banyak lagi fitur yang sangat berguna untuk komunikasi dalam bisnis.
Memiliki ruang tim yang luar biasa adalah kunci untuk dapat membuat keputusan kreatif dan berkomunikasi dengan efektif satu sama lain. Platform ruang kerja bersama ini membuat hal-hal tersebut lebih mudah dicapai, terutama jika tim tertentu berbasis di perusahaan yang sangat besar, memiliki banyak karyawan jarak jauh, atau terdiri dari sejumlah besar anggota tim profesional.

Fitur Utama Microsoft Teams

Di bawah ini kami membahas fitur-fitur utama Microsoft Teams yang membantu platform ini lebih unggul dan dapat diandalkan di dunia bisnis modern.

fitur microsoft teams

Fitur Microsoft Teams

1. Chat
Aplikasi Microsoft Teams memiliki fokus yang besar pada obrolan. Pengguna dapat mengirim GIF, stiker, emoji, dan teks standar melalui chatting secara personal atau obrolan grup. Riwayat obrolan untuk saluran umum tetap ada, sehingga Anda dapat menggunakan channel sebagai ringkasan yang bisa merekam berapa lama rapat berlangsung, mendokumentasikan perubahan, atau menambahkan anggota tim baru dengan cepat.

2. Panggilan Audio & Video
Terkadang obrolan grup Anda bisa menjadi terlalu rumit, dan Anda perlu berkomunikasi secara sinkron untuk memastikan semua orang ada di halaman yang sama. Aplikasi Microsoft Teams memungkinkan Anda beralih dari obrolan grup ke konferensi audio atau video dengan cepat. Dengan konferensi video, Anda mendapatkan fitur standar seperti pembuatan catatan rapat, berbagi layar, perekaman rapat, dan pesan instan.

3. Meeting
Tab Meeting dapat menarik jadwal rapat Anda dari Outlook dan juga memungkinkan Anda mengatur jadwal rapat baru di aplikasi Microsoft Teams yang juga dikirimkan notifikasinya melalui Outlook. Jika Anda ingin menjadwalkan rapat lain dengan pengguna eksternal, Anda tetap bisa mengundang pengguna dari luar organisasi dengan memasukkan alamat emailnya pada saat membuat rapat baru di Microsoft Teams.

4. File
Di dalam File Anda dapat dengan cepat menemukan dan menampilkan file di OneNote, OneDrive, dan dalam Microsoft Teams (disimpan di situs SharePoint mereka sendiri). Ada juga tab ‘Terbaru’ yang sangat membantu sehingga Anda dapat dengan cepat mengakses dokumen terbaru yang sedang Anda kerjakan, serta pintasan ke Unduhan Anda.

5. Live Events
Microsoft Teams juga memungkinkan Anda untuk memperluas konferensi Anda. Dengan aplikasi Microsoft Teams Anda dapat mengadakan rapat secara live — rapat besar, webinar, acara di seluruh perusahaan, dan presentasi sampai dengan 10.000 peserta di dalam atau di luar organisasi Anda. Anda dapat mengirimkan acara langsung dengan membagikan konten dari desktop atau webcam Anda. Dan untuk acara penting, Anda bahkan dapat terhubung ke kamera profesional dan berbagai sumber konten.

6. Konektivitas Ke Perangkat Lain
Kemampuan aplikasi Microsoft Teams untuk berintegrasi dengan perangkat lain seperti smartphone, tablet, dan kamera, bersama dengan periferal seperti speaker dan headphone. Kemampuan ini dapat menambah efisiensi untuk perusahaan dengan tim yang memiliki mobilitas tinggi, tetapi tetap menjaga keamanan untuk kelancaran berbisnis.

Microsoft Teams memiliki banyak fitur sederhana yang dapat membuat perkembangan tim maupun bisnis menjadi lebih positif. Microsoft benar-benar menunjukkan komitmen untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Nah, itu dia sekilas informasi mengenai Apa Itu Microsoft Teams dan Fitur Utamanya.

Jika Anda sudah menggunakan Office 365, kami menyarankan untuk segera menggunakan Microsoft Teams dengan segala manfaat dari fiturnya. Namun, jika Anda belum menggunakan Office 365, maka Anda bisa mulai berlangganan Office 365 yang sudah dilengkapi dengan cara mengaktifkan Microsoft Teams.

 

Dapatkan Microsoft Teams dengan Berlangganan Office 365

Bandingkan dan pilih produk Office 365 yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Posted by / September 9, 2020
Posted in
news