Apa Itu Windows Virtual Desktop dan Bagaimana Menggunakannya

windows virtual desktop adalah

Pernahkah Anda mendengar penggunaan Windows Virtual Desktop (WVD) untuk kebutuhan pekerjaan? Fitur bawaan Windows 10 ini nyatanya sangat berguna bagi Anda yang kerja dari rumah atau membawa perangkat sendiri ke kantor.

Apa Itu Windows Virtual Desktop?

Bagi Anda yang belum pernah menggunakannya, Windows Virtual Desktop adalah fitur bawaan Windows 10 yang memungkinkan Anda memiliki beberapa desktop dalam satu waktu. Jadi, Anda bisa memisahkan desktop kerja dengan pribadi, atau dengan desktop pekerjaan lainnya.

Multitasking Menjadi Lebih Mudah

multitasking

Sering kali kita menemukan taskbar penuh karena membuka banyak aplikasi sekaligus. Akibatnya, tampilan menjadi tidak rapi dan Anda bisa saja bingung saat harus beralih dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Nah, dengan memanfaatkan virtual desktop bawaan dari Windows, Anda bisa mengelompokkan setiap aplikasi dan beralih saat dibutuhkan. Misalnya saja, saat sedang mengerjakan sebuah desain, Anda mungkin membuka aplikasi pengolah gambar, mengecek e-mail pekerjaan, membuka browser untuk mencari referensi, dan aplikasi lainnya.

Sementara di waktu yang sama, Anda juga perlu mengecek e-mail dan media sosial pribadi. Di sinilah Windows Virtual Desktop berperan. Anda bisa mengelompokkan aplikasi yang Anda pakai untuk bekerja di satu desktop, dan membuka media sosial serta e-mail pribadi di desktop lainnya.

Cara Menggunakan Windows Virtual Desktop

Sebelum memanfaatkan Windows Virtual Desktop, perlu diingat bahwa walaupun terdapat banyak desktop, Anda tetap menggunakan kapasitas komputer yang sama. Jadi, sebaiknya sesuaikan jumlah desktop dengan kemampuan komputer untuk kinerja yang maksimal.

Berikut merupakan langkah untuk mengaktifkannya:

  • Klik “Task View” yang berada di Taskbar Windows 10
  • Sebuah panel akan muncul dan Anda akan melihat susunan desktop layaknya susunan Tab di Browser
  • Temukan tombil “New Desktop” dengan lambang tanda tambah dan Anda akan masuk ke desktop baru

Nanti, di panel akan terlihat pilihan Desktop 1, Desktop 2, dan seterusnya. Biasanya, setiap desktop memiliki latar belakang yang berbeda untuk memudahkan Anda membedakan kelompok kerja. Pada keyboard, desktop baru bisa dibuat dengan menekan tombol Windows + Ctrl + D secara bersamaan. Windows Virtual Desktop di Windows 10 memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menarik salah satu window dari satu desktop ke desktop lain.

Jadi, kalau Anda mau memindahkan salah satu program ke desktop lain, hanya perlu melakukan drag and drop.
Selain itu, opsi untuk menerapkan satu window untuk semua desktop yang aktif juga dapat dilakukan. Hal ini berguna ketika Anda sedang mengerjakan pekerjaan sambil harus memantau e-mail misalnya.

Nah, kalau Anda sudah menggunakan Windows 10 dan belum pernah memanfaatkan Windows Virtual Desktop, sekarang saatnya! Nikmati kemudahan multitasking dan selesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dari biasanya.

 

Tertarik untuk Menggunakan Windows Virtual Desktop?

Konsultasikan produk virtual desktop yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Posted by / August 18, 2020
Posted in
news