Azure Machine Learning Dukung Kinerja Perusahaan Agar Optimal

Machine learning adalah metode untuk merancang model dan algoritma kompleks sesuai dengan prediksi. Hal ini dikenal sebagai analis prediktif dalam penggunaan komersial. Machine learning memiliki kaitan yang sangat erat dengan statistik komputasi. Pembuatan prediksi dilakukan melalui penggunaan komputer. Selain itu, machine learning juga berhubungan dengan data mining.

Dengan model analitik dari machine learning, para peneliti, insinyur, analis, dan ilmuwan data dapat menghasilkan keputusan serta hasil yang berulang dan dapat diandalkan. Selain itu, melalui pembelajaran yang berasal dari tren dalam data, ada pengetahuan baru yang bisa ditemukan.

Peran Machine Learning dalam Industri

Dalam dunia industri, bagaimana machine learning diaplikasikan? Bagi perusahaan digital, teknologi ini bukan lagi hal yang baru. Machine learning bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan proses pekerjaan dengan basis data yang tersimpan. Hal ini dapat bertransformasi menjadi solusi bisnis yang terukur bagi perusahaan.

Salah satu contoh penggunaan machine learning dalam industri adalah di bidang otomotif. Beberapa tahun terakhir, perusahaan otomotif mencoba menciptakan mobil tanpa pengemudi dengan memanfaatkan teknologi machine learning. Tidak hanya dikontrol dari jarak jauh oleh manusia, tetapi mobil bisa merespons situasi di tengah jalan secara real time.

Sektor manufaktur juga dapat menggunakan machine learning dalam mengembangkan produk. Hal ini dimungkinkan dengan pengumpulan data dari sensor yang melekat dalam jalur produksi. Hasil tersebut kemudian dianalisis untuk diaplikasikan kembali secara otomatis. Penggunaan machine learning di bidang manufaktur dapat mengurangi biaya produksi dan membuat siklus bergerak lebih cepat.

Industri keuangan juga sangat membutuhkan teknologi machine learning. Dalam data yang dikumpulkan, terdapat data transaksi sampai data pelanggan. Jumlahnya makin lama akan makin banyak sehingga dibutuhkan solusi untuk mengelolanya. Memilah data dalam waktu yang cepat dengan jumlah banyak menjadi mudah dengan machine learning. Tujuan akhirnya adalah memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

promo azure

Menggunakan Teknologi Azure Machine Learning

Microsoft Azure menyediakan teknologi machine learning untuk digunakan oleh perusahaan sesuai kebutuhan. Fungsinya adalah memprediksi hasil data dan menganalisisnya untuk mendapatkan kesimpulan. Sebagai contoh, supermarket dengan banyak cabang dapat menggunakan machine learning untuk menyimpan data sekaligus menganalisis dan memprediksi kebutuhan stok di tiap cabang.

Ada sejumlah komponen utama yang terdapat dalam Microsoft Azure, yaitu Compute, Storage, dan Fabric. Compute berguna untuk mengatur proses komputasi. Storage berfungsi untuk menyimpan data. Ada dua jenis storage yang tersedia, yaitu Azure Storage dan SQL Azure. Sementara itu, Fabric adalah komponen untuk mengatur sistem penyimpanan di Azure yang meliputi penjadwalan, manajemen, dan alokasi sumber.

Dengan menggunakan teknologi machine learning dari Azure, perusahaan mendapatkan sejumlah manfaat. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mendeteksi penipuan, mendapatkan hasil pencarian web, menganalisis sentimen berbasis teks, memprediksi kegagalan pada peralatan, dan membuat pola dan pengenalan gambar.

Nah, ada sejumlah tools yang tersedia di Azure Machine Learning yang bisa digunakan oleh developer dan data scientist, yaitu Azure Machine Learning Designer, Many Models Solution Accelerator, Machine Learning CLI, Visual Studio Code, dan sebagainya.

Selain itu, ada pula sejumlah inovasi dari Azure Machine Learning, yaitu Fitur MLOps, Automated ML, visual machine learning interface, dan masih banyak lagi. Semua itu dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, mulai otomasi pemasaran, mesin rekomendasi, hingga terjemahan bahasa.

Memiliki banyak data membuat perusahaan hanya perlu mengelola arsip informasi. Di sinilah mesin digunakan untuk menganalisis. Bahkan, machine learning juga bisa digunakan untuk mempelajari kesalahan prediksi pada masa lalu sekaligus hasil prediksinya. Hal ini akan memberikan peluang bagi perusahaan untuk lebih berkembang pada masa depan.

Jadi, menggunakan Microsoft Azure bagi perusahaan merupakan langkah yang penting, khususnya dalam penerapan machine learning. Berbagai tools yang tersedia dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan dengan pesat.

azure solutions

Posted by / April 16, 2021
Posted in
news