Azure Solution untuk Memulai Transformasi Bisnis dengan Cloud Computing

Salah satu tantangan para pemilik usaha konvensional di era digital ini adalah bersaing dengan perusahaan baru yang memanfaatkan teknologi cloud computing (komputasi awan) seperti Start Up. Apalagi beberapa tahun belakangan perkembangan internet begitu pesat sehingga hal-hal yang dulunya dianggap mustahil sekarang sangat mungkin untuk diwujudkan.

Untuk bertahan di era digital yang menantang ini, kita harus berani mengambil langkah inovatif. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi terkini dan bertransformasi ke bisnis berbasis komputasi awan.

Apa itu Cloud Computing Business?

Bisnis komputasi awan merupakan cabang usaha yang memanfaatkan teknologi komputasi melalui internet. Komputasi berarti setiap pengelolaan data dan aplikasi dilakukan secara terpusat melalui sebuah program yang dapat diakses dari PC, laptop, dan smartphone.

Jadi tanpa batasan waktu dan tempat, pengguna bisa mengakses data yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa penerapan komputasi awan yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah e-commerce, Start Up, aplikasi kasir, aplikasi penjualan, aplikasi akuntansi, dan lain sebagainya.

Dibanding perangkat server konvensional, teknologi komputasi awan termasuk praktis. Tidak perlu instalasi khusus untuk menggunakan aplikasi yang digunakan. Pemilik usaha hanya membutuhkan koneksi internet untuk dapat menggunakan dan mengolah data yang diproses dalam sistem ini.

Sesekali mungkin pengguna akan mendapat pemberitahuan untuk memperbarui aplikasi agar fungsinya tetap maksimal. Pembaruan ini bisa dilakukan di server sehingga pengguna tidak perlu repot memasang aplikasi tambahan. Hasil pembaruan pun dapat dilihat secara langsung atau real time sehingga pengguna o perlu menunggu lama.

Cloud Computing

Praktis dan efisien bukan satu-satunya alasan mengapa kita harus bertransformasi ke komputasi awan. Teknologi ini juga memiliki beberapa kelebihan lain yang bermanfaat bagi bisnis kita, yaitu:

1. Jaminan Keamanan Data
Setiap teknologi komputasi awan pasti telah dilengkapi dengan sistem keamanan memadai. Semua data perusahaan tersimpan aman di sebuah server dan bisa di-backup setiap harinya. Jadi jika suatu hari terjadi hal yang tidak diinginkan, data perusahaan tetap aman dan bermanfaat.

2. Efisien dan Efektif
Pengguna teknologi cloud computing tidak memerlukan tempat penyimpanan seperti harddisk atau flashdisk dan menghadapi risiko serangan virus atau kehilangan data. Dengan menyimpan di cloud, setiap data yang ada dapat disimpan secara praktis dan tahan lama.

Selain itu, pengguna bisa mengakses data mereka dari mana saja tanpa perlu membawa berbagai perangkat penyimpanan. Hal ini tentu saja membuat pekerjaan menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

3. Cloud Security Mumpuni
Sebenarnya setiap media penyimpanan memiliki risiko keamanan yang sama dan berpotensi bocor. Tapi jika memanfaatkan teknologi komputasi awan, risiko semacam ini dapat diminimalisasi dengan adanya sistem keamanan cloud. Hampir seluruh perangkat komputasi awan pasti dilengkapi dengan sistem keamanan memadai. Tapi salah satu yang terbaik adalah Azure Solution atau Microsoft Azure.

promo azure

Transformasi Bisnis Sekarang Juga dengan Azure Solution

Azure bukan hanya tentang komputasi awan, aplikasi ini lebih dari itu. Azure menawarkan potensi tidak terbatas dan manfaat yang memadai. Bahkan sebagian orang menilai Azure Solution sebagai cloud service paling fleksibel dan serbaguna karena mampu memberikan layanan terbaik untuk perusahaan yang ingin bertransformasi ke komputasi awan.

Azure mampu menampung ribuan file, menyediakan tools analisis yang bermanfaat, hingga membantu membangun networking tidak terbatas. Bisa dibilang Azure adalah solusi tepat bagi yang ingin bearalih ke bisnis berbasis komputasi awan dan bersaing di era digital seperti saat ini.

Untuk mendukung kebutuhan setiap perusahaan yang pastinya berbeda satu dengan yang lainnya, Azure Solution menawarkan empat bentuk komputasi cloud yaitu infrastructure as a service (IaaS), platform as a service (PaaS), software as a service (SaaS), dan layanan tanpa server.

Jadi, sudah siap bertransformasi dengan Azure Solution untuk masa depan bisnis dengan cloud computing yang lebih baik lagi? Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Posted by / April 7, 2021
Posted in
news