Bagaimana Artificial Intelligence Mengubah Lanskap Remote Work?

Remote working atau kerja jarak jauh semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Sejak awal dekade ini dimulai, industri ini tumbuh sebesar 400%. Pandemi yang memaksa banyak kantor untuk tutup memberikan popularitas yang semakin besar pada remote working. Platform kerja FlexJobs mengonfirmasi peningkatan yang signifikan dalam posisi jarak jauh mulai dari profesional TI dan pemrogram hingga pelatih bisnis dan penyedia layanan pelanggan.

Adopsi Artificial Intelligence dan Machine Learning melihat pertumbuhan eksponensial untuk membawa perubahan yang diperlukan untuk mengikuti pergeseran ke kerja jarak jauh. Teknologi AI dan ML menemukan jalan mereka ke dalam segala hal mulai dari sistem diagnostik medis canggih hingga sistem komputasi kuantum, dan dari asisten virtual hingga rumah pintar.

Di saat yang sama, Microsoft Azure memberdayakan organisasi untuk mengatasi tantangan ini saat menerapkan dan menggunakan Artificial Intelligence & Machine Learning. Ini memberikan layanan yang komprehensif, sederhana, kuat, dan bertanggung jawab yang memungkinkan mitra membangun aplikasi berbasis data yang berdampak dengan cepat dan aman menggunakan konfigurasi bawaan.

Secara khusus, apakah ada dampak artificial intelligence bagi perusahaan yang menerapkan sistem remote working atau bagi para pekerja remote itu sendiri?

Manfaat Artificial Intelligence untuk Manajemen Remote Working

Ketika memutuskan menerapkan sistem kerja jarak jauh, banyak perusahaan yang mencemaskan kemampuan mereka dalam memantau produktivitas, kualitas pekerjaan dan performa keseluruhan dari karyawan yang bekerja di rumah. Di sinilah AI dan machine learning mengambil peran. Supervisor dapat memantau performa kerja dengan sistem yang memanfaatkan pembelajaran mesin.

Sistem paling canggih yang digunakan adalah berupa alat seperti survei. Tools ini dapat menerima dan memberikan tinjauan kinerja berkala yang tidak bias serta memberikan laporan yang akurat terkait karyawan. Laporan akan menyoroti kelebihan karyawan, area peningkatan performa sekaligus melakukan penilaian apakah kerja jarak jauh yang dilakukan efektif berdasarkan kasus per kasus. Ini adalah sesuatu yang sangat sulit ditiru dengan analisis yang dilakukan oleh manusia. Terutama untuk perusahaan yang punya banyak karyawan yang bekerja dari lokasi terpencil.

Manfaat Artificial Intelligence untuk Para Pekerja Remote

Selain karyawan-karyawan yang diminta melakukan tugas dari rumah karena pandemi, pekerja remote juga termasuk mereka yang memang bekerja dari rumah. Para pekerja lepas adalah salah satu contohnya. Lantas, bagaimana peran artificial intelligence bagi para remote workers seperti ini?

1. Mengotomatiskan Berbagai Pekerjaan
Sama seperti pekerja profesional lain, pekerja jarak jauh juga memiliki banyak tugas seperti menjadwalkan panggilan ke klien, mengirim email sampai berbagi file. Semua tugas ini bisa dijalankan lebih mudah dengan menggunakan tools berteknologi artificial intelligence.

Di era kerja jarak jauh dan hibrid ini, organisasi harus memilih teknologi yang memberikan akses kapan saja, di mana saja dari perangkat apa pun untuk mengakses informasi bisnis. Adopsi layanan Azure ML dapat membantu organisasi menyederhanakan kerja jarak jauh, mempromosikan pengaturan kerja yang fleksibel, dan memungkinkan karyawan mengakses data dan laporan bisnis dari jarak jauh. Solusi yang dibuat dengan Azure ML dapat memberikan tampilan interaktif data bisnis penting kepada pemangku kepentingan, di perangkat apa pun dan di mana pun lokasinya, melalui visualisasi data yang menawan.

2. Meningkatkan Kualitas Diskusi Online
Lebih dari 90% cara kita berkomunikasi tergantung pada isyarat non-verbal. Sebut saja ekspresi wajah, intonasi bicara, bahasa tubuh sampai cara mata kita memandang. Bagi pekerja jarak jauh yang hanya mengandalkan perpesanan online, salah paham adalah masalah lain yang kerap terjadi. Meskipun ada emoji dan berbagai fitur multimedia lain yang mencoba memberikan pemahaman yang lebih dalam tulisan, namun banyak yang tidak bisa dengan mudah diterjemahkan begitu saja.

Perkembangan artificial intelligence dalam lingkup bisnis masih menyediakan banyak ruang untuk berkembang. Beberapa contoh di atas hanya segelintir permulaan yang bisa kita saksikan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda menciptakan ruang kerja remote yang lebih efisien.

Modernkan proses bisnis Anda lebih cepat dengan Layanan AI Terapan Azure. Layanan AI Terapan menyatukan Layanan Kognitif Azure, AI khusus tugas, dan logika bisnis untuk menawarkan kepada Anda layanan AI turnkey untuk proses bisnis umum.

azure solutions

Posted by / November 17, 2021
Posted in
news