Bagaimana Azure Cloud Service Mengamankan Kegiatan Bisnis Anda

Menggunakan cloud sebagai basis operasi bisnis kini telah lumrah, tetapi bagaimana dengan keamanannya? Cloud service menjadikan aktivitas menyimpan dan mengelola dokumen lebih praktis, tetapi ada risiko spesifik menanti. Untungnya, penyedia layanan cloud seperti Microsoft telah mempertimbangkan faktor keamanan dan memastikan aktivitas bisnis tidak terancam.

Mengapa Cloud Service Harus Aman?

Dalam sistem cloud, data-data dan dokumen penting tidak disimpan dalam bentuk fisik, tetapi di jaringan khusus yang tidak memakan kapasitas hardware perusahaan Anda. Jaringan cloud juga memungkinkan pekerja untuk berkolaborasi tanpa harus berhadapan. Konsekuensinya, sistem cloud rawan kejahatan siber, termasuk pencurian data.

Risiko terhadap dokumen bisa datang dari berbagai sumber, misalnya sebagai berikut:
● Upaya peretasan (hacking), malware, virus, DDoS, dan serangan eksternal lain
● Serangan internal seperti upaya sabotase
● Masalah teknis yang mengakibatkan hilangnya data

Satu masalah dapat mengakibatkan kerugian besar dalam bisnis. Jika Anda berminat mengadopsi sistem cloud, pastikan memilih layanan dengan sistem keamanan lengkap dan berlapis.

promo azure

Mengapa Microsoft Azure Aman?

Microsoft Azure tidak hanya menyediakan layanan cloud untuk kaum profesional dan institusi pendidikan. Salah satu keunggulannya adalah sistem keamanan berlapis untuk melindungi pengguna dari beragam ancaman siber.

Inilah beberapa fitur keamanan Azure yang memberi perlindungan maksimal kepada pengguna:

1. Enkripsi Otomatis
Sistem enkripsi secara otomatis melindungi semua data dan dokumen yang dikirim lewat Azure sekaligus mendeteksi serangan DDoS. Data dan dokumen tidak akan mudah “dibaca” atau dirampok. Sistem enkripsinya sudah menggunakan teknologi TEEs (Trusted Execution Environments) yang melindungi semua jenis data dari pencurian atau penyalahgunaan, bahkan data yang sudah tidak aktif atau dalam transit.

2. Sistem Profil dan Deteksi Ancaman
Azure memiliki sistem deteksi yang mendata profil beragam program. Hal ini membuat sistem lebih sensitif terhadap program asing yang mencoba menerobos sistem keamanan, merampok data, atau membuat kerusakan.

3. Sistem Kendali Cerdas
Azure memiliki jaringan berbeda antara sistem untuk akun manajer dan pengguna lain, misalnya anggota tim. Hal ini membuat pihak asing lebih sulit membajak akun manajer yang penting. Jika diperlukan, manajer atau admin tim bisa membatasi akses ke dokumen atau folder tertentu untuk sementara waktu.

4. Investasi Keamanan
Microsoft menginvestasikan sekitar 1 miliar Dolar setiap tahun untuk mengelola dan meningkatkan sistem keamanan. Microsoft juga memiliki sekitar 3.500 pakar keamanan TI dengan tugas-tugas terkait keamanan siber dan privasi. Hal ini menunjukkan komitmen Microsoft dalam menjaga keamanan sistemnya.

Produk Keamanan Lengkap Azure

Jika Anda mengembangkan bisnis dan membutuhkan sistem keamanan yang lebih komplet, Azure menawarkan banyak pilihan produk. Setiap produk keamanan menawarkan fungsi unik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Inilah beberapa contohnya.

1. Azure Security Center
Azure Security Center cocok untuk pemilik bisnis mana saja karena sistem perlindungannya lengkap. Produk ini menggabungkan otomatisasi dan AI untuk mendeteksi ancaman dan membereskannya tanpa membuat Anda panik akibat peringatan yang tidak perlu.

2. Azure Defender
Azure Defender adalah bagian dari Azure Security Center yang khusus menangani masalah keamanan cloud. Selain mendeteksi kelemahan dan ancaman, Azure Defender juga memastikan dokumen Anda aman dalam semua tahap, mulai dari penyimpanan, transfer, hingga pengerjaan.

3. Azure DDoS Protection
Azure DDoS Protection melindungi sistem dari serangan DDoS lewat sistem deteksi dan adaptasi. Perlindungannya berlapis dan bahkan mencakup sistem analisis data untuk keperluan pelaporan dan evaluasi.

4. Key Vault
Key Vault memastikan bahwa kata kunci dan elemen lain terkait akses di sistem cloud terjaga. Selain menciptakan akses kunci terenkripsi, Key Vault memastikan bahwa aplikasi apa pun tidak memiliki akses langsung ke akses.

Dengan semua fitur keamanan ini, tidak heran jika Microsoft Azure menjadi solusi cloud yang sempurna bagi pemilik bisnis. Gunakan Azure jika Anda menginginkan sistem pengamanan berlapis yang melindungi dokumen serta berbagai kegiatan usaha di dalam cloud.

azure solutions

Posted by / May 5, 2021
Posted in
news