Bagaimana Cloud Backup Dapat Membantu Produktivitas Perusahaan?

Seiring perkembangan perusahaan, data dan informasi yang diolah semakin banyak. Sejalan dengan itu pula, muncul berbagai risiko terkait serangan siber maupun data hilang. Untuk mengantisipasi, setiap perusahaan harus memasang perangkat backup data pada server lokal.

Namun, biaya pemeliharaan backup lokal relatif tinggi. Selain itu, komputer server rentan terkena virus atau malware. Karenanya, perusahaan membutuhkan cloud backup sebagai solusi pencadangan data yang efektif, efisien, dan aman.

Lalu, bagaimana cloud backup meningkatkan produktivitas perusahaan? Berikut hal-hal yang dilakukan.

Memangkas Biaya IT

Bagi perusahaan, biaya merupakan komponen penting yang menentukan pendapatan. Dalam hal ini, infrastruktur IT memakan biaya paling besar. Menjawab permasalahan ini, backup online memberikan solusi “pay as you go”.  Artinya, pengguna cukup membayar sesuai pemakaian kapasitas perangkat backup.

Jika nanti ingin meningkatkan kapasitas, Anda tinggal menambah biaya. Begitu pula ketika harus mengurangi sumber daya, biayanya pun bisa dikurangi. Di samping itu, adanya backup online, perusahaan dapat melakukan scale up atau scale down dengan tarif terjangkau.

Menjamin Keamanan dan Maintenance Infrastruktur IT

Solusi penyimpanan dan pencadangan data cloud tidak membutuhkan perangkat keras dalam operasinya. Sistem ini mengandalkan server berbasis cloud milik vendor tertentu. Biasanya, vendor memiliki jutaan server yang menjangkau seluruh dunia. Tujuannya, untuk memastikan data kliennya tetap aman.

Vendor juga menjamin maintenance sistem, baik hardware, maupun software. Begitu pun soal infrastruktur, vendor akan mengurus secara maksimal. Jadi, perusahaan hanya perlu fokus pada proses bisnis tanpa harus memikirkan kualitas IT.

Mempercepat Akses Informasi

Backup berbasis cloud menjamin akses data dan informasi lebih mudah dengan berbagai perangkat terhubung internet. Mulai dari smartphone, laptop, tablet, hingga portable computer.

Masalah keamanan perangkat, vendor tentu sudah menjamin proteksi berbasis cloud secara optimal. Proteksi cloud memastikan perangkat Anda bebas dari cyber crime, virus, maupun malware.

Memastikan Privasi Pelanggan

Selain malware, peretasan kerap menjadi ancaman serius bagi privasi data pelanggan. Namun, penggunaan password dan username tak lagi efektif mencegah serangan siber tersebut. Padahal, reputasi perusahaan Anda yang dipertaruhkan jika terjadi kebocoran data.

Itu sebabnya, backup berbasis cloud menyematkan beberapa perlindungan sebagai jaminan proteksi data pelanggan. Perlindungan mencakup autentikasi, kontrol akses, serta penggunaan HTTPS/SSL. Tidak ketinggalan, teknologi enkripsi dibenamkan demi menjaga data agar tidak dibaca maupun dicuri pihak ketiga.

 

Demikian ulasan tentang cloud backup yang dapat mendukung peningkatan produktivitas perusahaan. Untuk memaksimalkan sistem backup, pastikan Anda memilih perangkat cloud protection lengkap dan komprehensif.

Salah satunya dengan menggunakan Cloud Solution Provider sebagai All in One Backup Solution. Perangkat lunak ini tak hanya menawarkan perlindungan dari serangan siber, tetapi juga menjadi antivirus. Tunggu apa lagi? Yuk, pastikan data perusahaan tetap aman dan pencadangan maksimal dengan cloud protection.

Posted by / August 24, 2020
Posted in
news