Bagaimana Microsoft 365 Membantu Pemilik Bisnis Mengatasi Pandemi

Pandemi membuat pemilik bisnis menerapkan berbagai pembatasan terkait prosedur kerja. Microsoft 365 berkomitmen membantu pebisnis melancarkan kegiatan mereka dengan berbagai fitur untuk mendukung aktivitas kerja jarak jauh dan menekan biaya operasional perusahaan.

Fitur Microsoft 365 untuk WFH

Pemilik bisnis dan karyawan bisa menggunakan berbagai fitur Microsoft 365 untuk mendukung work from home. Contoh fitur dasar yang tersedia dalam paket bisnis adalah:

1.      Teams

Microsoft Teams tersedia untuk mengatur kerja kolaborasi antar- karyawan, manajer, klien, dan profesional tanpa harus bertemu langsung. Pengguna Gmail dan Outlook yang sudah terdaftar bisa menggunakan versi gratis dari Teams, cocok untuk pemilik bisnis kecil atau yang ingin menghemat biaya operasional untuk sementara.

Microsoft Teams memadukan sistem komunikasi visual seperti konferensi video, berdampingan dengan fasilitas untuk berbagi dokumen, file, foto, dan sebagainya.  Ada juga fitur untuk membuat catatan, coretan, penekanan visual, dan sebagainya di dashboard selama konferensi.

Lihat juga : Kerja Cara Baru dengan Microsoft Teams

2.      Outlook

Outlook tidak hanya mengatur email dan kalender aktivitas, tetapi juga menghubungkan para pengguna dengan aplikasi lain. Misalnya, jika Anda punya jadwal konferensi video lewat Teams atau Zoom, Anda bisa langsung menghubungkan tautan jadwal konferensi ke kalender di Outlook.

3.      Versi Baru Word, Excel, dan PowerPoint

Ketiga fitur ini adalah kombinasi klasik sejak Microsoft 365 masih bernama Office 365, tetapi dengan beberapa pembaruan untuk mendukung WFH. Ketiganya memungkinkan para pengguna yang terhubung untuk saling menyunting, menambahkan catatan, dan berkolaborasi dari jauh. Dokumen yang digarap di sini juga bisa dihubungkan langsung dengan sistem cloud.

4.      OneDrive

OneDrive memungkinkan pengguna untuk menyimpan, berbagi, dan menyunting dokumen dari berbagai perangkat. Anda bisa menciptakan data cadangan agar tidak perlu bingung meneruskan pekerjaan saat perangkat mengalami kerusakan. Manajer atau pemilik bisnis juga bisa mengatur folder mana yang bisa diakses oleh para karyawan dan mana yang terbatas.

5.      SharePoint

Pandemi dan keterbatasan pertemuan fisik bukan alasan untuk meningkatkan pengetahuan dan produktivitas karyawan. SharePoint memudahkan Anda untuk berbagi sumber pengetahuan, berita, referensi, dan informasi bermanfaat lainnya untuk para pengguna yang terhubung.

Anda bisa menggunakan SharePoint untuk menjaga tim agar tetap kohesif dan paham akan isu terkini. Gunakan fitur tersebut untuk berbagi berita yang berhubungan dengan industri atau proyek Anda. SharePoint juga memiliki fungsi Search yang membantu pengguna mencari informasi relevan ketika dibutuhkan.

Keunggulan Microsoft Azure untuk Kerja Masa Pandemi

Microsoft Azure adalah cloud service yang cocok untuk menangani pekerjaan di masa pandemi. Paduan teknologi kolaborasi dan sistem keamanannya memungkinkan pengguna melakukan WFH dan mendapat hasil kerja sama baiknya dengan jika bertatap muka. Sistem keamanan berlapis juga tersedia untuk versi premium dan menjamin keamanan dokumen penting selama proses kolaborasi.

Anda bisa menghubungkan Azure dengan Microsoft 365. Gunakan fitur-fitur yang ada sambil beroperasi di dalam sistem cloud yang menaungi semua kegiatan perusahaan. Anda bisa berkomunikasi, menggarap dokumen bersama-sama, dan mengatur jadwal serta sistem pelaporan dalam satu ekosistem bisnis penuh aplikasi bermanfaat.

Sumber Informasi Microsoft 365 untuk Bisnis Kecil

Microsoft 365 kini menyediakan sumber informasi khusus untuk pemilik bisnis, termasuk bisnis kecil. Tersedia di situs resmi Microsoft dengan tajuk Small and Medium Business COVID-19 Resource Center, sumber informasi ini memberi informasi praktis terkait cara mengelola usaha menggunakan fitur-fitur 365.

Dengan sumber informasi ini, Microsoft membantu pemilik bisnis memulai dan menjaga kelangsungan usaha bahkan tanpa menyewa pakar TI. Ada juga halaman khusus untuk usaha menengah atau yang sedang berkembang. Mulailah dari halaman ini untuk tetap berbisnis atau berkolaborasi dengan lancar selama pandemi.

Pandemi COVID-19 menghadirkan tantangan untuk semua lini bisnis dan institusi. Akan tetapi, Anda tetap bisa menjaga kelangsungan usaha dan melanjutkan kegiatan dengan alat yang tepat. Jadikan Microsoft 365 rekan teknis Anda untuk mendukung aktivitas bisnis.

Posted by / February 15, 2021
Posted in
news