Begini Cara Azure Melindungi Informasi Sensitif Bisnis Anda

Belakangan isu keamanan konten dan data menarik perhatian banyak pihak, terutama di kalangan pelaku bisnis maupun korporasi. Terlepas dari besar kecilnya skala bisnis Anda, keberadaan data berperan penting di segala lini.
Mulai dari penyimpanan konten pemasaran produk maupun layanan hingga bagaimana perusahaan dapat mengumpulkan serta merekam informasi dan data dari calon pelanggan secara aman. Tidak sampai di situ, isu terkait perlindungan data dan keamanan siber turut berperan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Microsoft hadir lewat Azure Information Protection yang bisa Anda beli terpisah atau sudah termasuk Microsoft 365 Business. Azure Information Protection akan membantu Anda dalam pengaturan, pengelompokan, dan perlindungan dokumen, email, data, maupun informasi sensitif lainnya yang tersimpan di cloud.

promo azure

Cara Azure Information Protection Bekerja

Azure Information Protection merupakan solusi berbasis cloud yang bertugas mengklasifikasikan dan melindungi dokumen serta email yang tersimpan dalam SharePoint dan Outlook. Azure Information Protection akan mengelompokkan, melabel, dan melindungi data berdasarkan sensitivitasnya. Anda bisa leluasa mengatur dan menetapkan batasan terhadap dokumen maupun tindakan pengguna.

Pengaturan tersebut dapat dilakukan lewat dua cara, yaitu:
● Otomatis, melalui administrator sistem yang sudah menetapkan aturan tertentu sesuai kebutuhan
● Manual, pengaturan dilakukan oleh pengguna sendiri
● Kombinasi dari aplikasi pengguna secara manual dan otomasi dari administrator.

Dengan Azure Information Protection, Anda bisa memilih siapa saja pengguna internal dan eksternal yang memperoleh akses untuk melihat, mencetak, menyalin, serta mengirim dokumen. Azure Information Protection juga memfasilitasi kebutuhan Anda dalam mencabut akses ke suatu dokumen setelah pemberian izin diberlakukan. Tindakan ini dapat dilakukan terjadwal atau manual.

Contoh, Anda hanya membuka akses partner kerja ke suatu dokumen selama pengerjaan proyek saja. Setelah proyek selesai, akses tersebut dapat dicabut. Hal sama berlaku pula untuk pelanggan atau klien. Tentukan saja apa yang bisa mereka lakukan, misalnya melihat dan mengedit dokumen, tetapi tidak bisa mencetak atau meneruskan ke pihak lain.

Dengan kata lain, Azure Information Protection membuat kolaborasi Anda bersama rekan kerja dan klien lebih aman. Berbagi data secara aman tentu jadi isu penting dalam dunia bisnis terkini. Anda tentu tak ingin informasi sensitif terkait bisnis diretas atau bocor ke pihak lain, bukan?

Sebagaimana model keamanan Microsoft lainnya, Azure Information Protection juga bekerja dengan memanfaatkan Identify-Driven Security. Semua proses otentikasi berlangsung melalui Azure Active Directory. Keuntungan pendekatan keamanan ini adalah kemudahan mengakses konten melalui pengindeksan internal dan business intelligence service, contoh Power BI.

Dengan demikian, konten aman dari risiko pengintaian, tetapi masih dapat ditemukan dan menjadi nilai tambah bagi bisnis. Apa yang Azure Information Protection lakukan merupakan suatu langkah maju dalam praktik perlindungan informasi terkini, khususnya jika Anda bandingkan dengan metode enkripsi peer-to-peer.

Mengapa Bisnis Anda Butuh Azure Information Protection?

Bagi Anda yang terbiasa dengan Microsoft 365, keberadaan AIP akan membantu Anda memahami lebih dalam kapan perlu mendistribusikan suatu konten dan bagaimana menggunakan konten tersebut. Tingkat visibilitas ini akan memudahkan Anda dalam beberapa hal, yaitu:

● Mencegah tindakan modifikasi, penyimpanan, dan distribusi data bisnis penting secara ilegal
● Menghilangkan kemungkinan pengguna tidak terdaftar secara sah dalam sistem untuk melihat konten sensitif
● Mengendalikan seluruh informasi yang ada lewat tindakan pemantauan pengguna, termasuk siapa saja yang berhak mengakses konten dan bagaimana mereka bisa menggunakannya
● Memenuhi standar perlindungan dan kepatuhan regulasi data.

Singkatnya, Azure Information Protection mempermudah Anda melakukan manajemen informasi dalam bisnis. AIP memberikan Anda kontrol besar atas keamanan dan kepatuhan informasi bisnis. Tepatnya lewat tindakan perlindungan yang kuat dengan model klasifikasi dan enkripsi sehingga pengguna tidak perlu repot mengerjakan tugas keamanan yang rumit.

Semua proses izin bisa dibuat otomatis dalam SharePoint. Azure Information Protection dapat memastikan informasi tersebut telah diamankan lewat cara terstruktur dan dapat diprediksi secara otomatis. Pengguna pun bebas membuat, menyimpan, mengatur interaksi, dan mendistribusikan konten secara mudah tanpa perlu pusing dengan isu keamanan.

Pada akhirnya, keberadaan Azure Solution membuka lebih banyak ruang kolaborasi antara Anda dan sesama rekan kerja, maupun dengan pihak eksternal seperti klien. Anda tidak perlu khawatir soal isu keamanan data yang dibagikan. Azure sudah menjamin dan memberikan perlindungan maksimal pada seluruh informasi sensitif bisnis Anda.

Perlu penjelasan lebih lanjut terkait Azure Solution? Kontak SOLUSI.com dan kami siap membantu menemukan perangkat keamanan terbaik untuk bisnis Anda.

azure solutions

Posted by / April 28, 2021
Posted in
news