Tim Bekerja Secara Remote, Manfaatkan 4 Fitur Office 365

Sebagian perusahaan memilih untuk mempekerjakan karyawan secara remote (jarak jauh). Salah satu keuntungan menggunakan metode kerja ini adalah adanya fleksibilitas. Dengan fleksibilitas, pekerja diharapkan dapat lebih optimal menyelesaikan target-target yang diberikan kepadanya.

Akan tetapi, fleksibilitas ini juga dapat menimbulkan masalah bagi kinerja tim, khususnya jika tidak ada sistem yang tepat dan efektif untuk mengelola dan mengawasi. Untuk itu, Microsoft Office 365 menghadirkan solusi bagi perusahaan yang mempekerjakan karyawan remote, yaitu melalui sejumlah fitur menariknya.

OneDrive untuk Berbagi File secara Praktis

OneDrive merupakan layanan cloud yang dihadirkan oleh Microsoft untuk membantu para pengguna menyimpan dokumen serta membagikannya. Baik dokumen dalam bentuk teks, foto, atau video dalam ukuran yang besar, dapat dibagikan kepada klien atau rekan kerja.

Caranya mudah, hanya dengan mengirimkan sebuah tautan melalui pesan email atau teks. Selanjutnya, dokumen OneDrive dapat diakses dari mana pun dan kapan pun menggunakan perangkat apa pun.

Microsoft Team untuk Berkolaborasi

Microsoft Team merupakan pusat kerja tim di Office 365. Melalui layanan ini, Anda dapat membangun kolaborasi yang optimal. Ada beragam fitur menarik yang disediakan Team untuk penggunanya, seperti Chat Messaging, Calling, dan Video Conference. Pilihan yang terakhir ini menjadi solusi paling masuk akal bagi pekerja remote untuk tetap terhubung dengan pusat.

Microsoft Planner untuk Memantau Kemajuan Kerja

Ketika sebagian karyawan bekerja secara remote, salah satu masalah yang harus diurai adalah kemajuan kerja yang tidak transparan. Apalagi jika sistem komunikasi kurang baik dan perlengkapan yang digunakan kurang memadai. Alhasil, ketika batas waktu sudah tiba, target pekerjaan bisa jadi belum selesai. Hal ini pasti merugikan perusahaan dan klien.

Untuk mengatasi itu, hadirlah Microsoft Planner 365 yang memungkinkan Anda dan anggota tim lain saling memantau kemajuan kerja. Melalui layanan ini, Anda bisa membuat sebuah tim, mengundang anggota tim dan memberikan tugas yang sesuai, serta berdiskusi untuk memastikan tugas tersebut.

Yammer untuk komunikasi yang efektif

Nikmati kemudahan berkomunikasi dengan Yammer. Melalui sistem komunikasi yang efektif ini, setiap orang dapat terhubung, baik dari pekerja level bawah hingga pejabat yang lebih tinggi. Syaratnya adalah tergabung dalam satu tim yang telah dibuat sebelumnya. Dengan aplikasi ini, kinerja pekerja remote dapat terus dipantau secara efektif oleh perusahaan.

4 fitur menarik Office 365 di atas tentu sangat bermanfaat bagi para pekerja remote. Perusahaan pun akan mendapatkan keuntungan melalui pencapaian target yang lebih optimal dan alur kerja yang lebih efektif. Dengan segala keunggulan tersebut, tak ada ruginya untuk berlangganan Office 365 sekarang juga.