Biaya Transformasi Digital Bisnis Mahal? Ini Solusi Ideal untuk UMKM

Biaya kerap menjadi pertimbangan utama bagi UMKM dalam setiap pengambilan keputusan, termasuk saat berkaitan dengan upaya digitalisasi bisnis. Mereka beranggapan kalau transformasi digital butuh biaya besar. Namun, apakah faktanya memang seperti itu? Jawabannya, tidak selalu. Apalagi, Anda bisa memanfaatkan layanan cloud computing untuk memangkas biayanya.

Hanya saja, tidak semua layanan komputasi berbasis cloud memberi solusi hemat dalam upaya digitalisasi bisnis yang Anda lakukan. Anda perlu memilih layanan cloud yang menyediakan solusi praktis. Layanan seperti ini, bisa Anda peroleh dengan menggunakan Microsoft Azure. Penasaran, bagaimana cara Azure mampu menyediakan solusi digitalisasi bisnis yang hemat untuk UMKM, kan?

promo azure

Cara Azure Menawarkan Solusi Transformasi Digital yang Hemat

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa Azure yang notabene merupakan produk dari perusahaan ternama dunia mampu menawarkan solusi transformasi digital hemat? Berkaitan dengan pertanyaan ini, Anda akan memperoleh 3 alasan yang mampu menjawabnya, yakni:

1. Infrastruktur digital

Biaya terbesar yang perlu Anda keluarkan ketika melakukan transformasi digital adalah pengadaan aset infrastruktur IT. Kebutuhan infrastruktur untuk keperluan digitalisasi bisnis sangat banyak. Apalagi, upaya mendigitalkan bisnis itu harus dibarengi dengan penggunaan perangkat canggih yang harganya mahal.
Namun, problem biaya mahal untuk keperluan infrastruktur itu bisa Anda hilangkan kalau menggunakan Microsoft Azure. Pemanfaatan layanan cloud computing ini memberikan akses pada penggunaan infrastruktur digital. Keberadaan infrastruktur digital milik Microsoft tersebut mampu memberi dukungan yang memadai untuk aktivitas digital perusahaan.

Baca juga: Mengapa Microsoft 365 Ideal untuk Memulai Bisnis Kecil?

2. Bebas biaya maintenance

Biaya mahal saat digitalisasi bisnis tidak hanya Anda perlukan untuk pengadaan infrastruktur IT. Namun, Anda juga perlu menyiapkan anggaran yang memadai untuk perawatannya. Perawatan rutin sangat penting, untuk memastikan bahwa layanan digital perusahaan tidak mengalami gangguan teknis. Selanjutnya, gangguan teknis itu bakal menimbulkan tingkat kepuasan para pelanggan menurun drastis.

Namun, situasi seperti itu tidak akan menjadi problem kalau Anda menggunakan cloud computing Microsoft Azure. Alasannya, karena Anda tidak mempunyai infrastruktur IT yang perlu perawatan secara berkala. Di waktu yang sama, Anda juga tidak perlu khawatir layanan bisnis yang dijalankan mengalami problem teknis.

Sebagai perusahaan yang bereputasi dunia, Microsoft selalu berupaya menjaga kualitas layanannya. Di waktu bersamaan, mereka juga menyediakan jalur komunikasi yang lengkap untuk membantu setiap permasalahan dari para pengguna layanannya.

3. Pembayaran berdasarkan pemakaian

Alasan ketiga yang membuat biaya transformasi digital menggunakan Microsoft Azure berkaitan dengan sistem pembayarannya. Seperti yang telah disebutkan, Azure punya ratusan fitur yang bisa Anda manfaatkan. Hanya saja, Anda punya kebebasan secara penuh dalam menentukan pilihan fitur yang ingin dipakai.

Berkaitan dengan sistem pembayaran, Microsoft menetapkan cara berlangganan sesuai dengan fitur yang dipakai. Semakin banyak fitur yang Anda inginkan, otomatis biayanya bakal membengkak. Lain halnya kalau Anda melakukan pemilihan fitur yang penting dan penggunaannya cukup mendesak.

Sistem pembayaran seperti ini juga membantu agar Anda dapat melakukan perencanaan digitalisasi bisnis dengan matang. Anda dapat menyusun rencana tersebut dengan mempertimbangkan kondisi keuangan. Selanjutnya, proses digitalisasi bisnis bisa Anda lakukan secara bertahap.

Baca juga: Takut Boros? Begini Tips Menghemat Biaya Cloud Hybrid

Fitur Penting Microsoft Azure yang Membantu Transformasi Digital

Dari sekian banyak fitur yang dipunyai Microsoft Azure, terdapat beberapa di antaranya yang perlu Anda pertimbangkan. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah:
Azure Backup. Layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan backup data secara berkala. Anda dapat menyesuaikan intensitas waktu backup sesuai kebutuhan.
Azure Site Recovery. Data penting bisa tiba-tiba hilang kapan saja. Penggunaan fitur ini, membantu Anda untuk bisa memulihkan data-data tersebut dengan praktis.
Security Center. Anda tentu tidak ingin menjadi korban kejahatan cyber. Fitur Security Center berguna untuk memberi perlindungan dari serangan malware. Keberadaannya juga memungkinkan Anda untuk memperoleh upaya pengawasan sistem secara menyeluruh.

Itulah solusi hemat yang bisa Anda peroleh dari cloud computing Microsoft Azure dalam upaya transformasi digital. Semoga bermanfaat.

azure solutions

Posted by / April 5, 2021
Posted in
news