Bingung Antara Adobe CS dan CC? Yuk, Kenali Perbedaannya

ingung Antara Adobe CS dan CC? Yuk, Kenali Perbedaannya

Pernahkah Anda melihat produk-produk keluaran Adobe yang berakhiran seri CS dan CC? Bingung membedakan antara dua versi ini?

Sejatinya, tidak ada perbedaan teknis dari kedua versi aplikasi tersebut. Namun, dari segi pemakaian, lisensi, maupun penyimpanan memiliki perbedaan yang sungguh mencolok. Ingin tahu lebih lanjut? Mari, simak sedikit ulasan mengenai perbedaan antara Adobe CS (Creative Suite) dan Adobe CC (Creative Cloud).

Lisensi Adobe Creative Cloud dan Adobe Creative Suite.

Perbedaan mendasar terletak pada lisensinya. Untuk jenis CS memiliki satu lisensi seumur hidup yang harus dibeli di muka. Artinya, ketika Anda sudah membeli produk keluaran Adobe dengan harga yang cukup fantastis itu, maka lisensi dimiliki seumur hidup untuk maksimal dua komputer, laptop dan PC kantor.

Berbeda jika Anda memakai Adobe CC. Berhubung sistem yang ditawarkan adalah sewa, maka tidak mendapat hak kepemilikan secara total atau selamanya. Ada jangka waktu yang membatasi. Semisal 4 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Ketika masa lisensi habis dan tidak melakukan perpanjangan, maka aplikasi tidak lagi bisa dipakai.

Kendati demikian, ada keuntungan yang didapat. Biaya sewa lebih murah, yaitu berkisar antara Rp 130 ribuan hingga Rp 250 ribuan. Hal ini disesuaikan dengan paket yang dipilih, antara paket untuk desain, bisnis, maupun institusi pendidikan.

Upgrade Versi Antara Adobe CS dan Adobe CC

Dari segi instalasi, jelas Adobe CC lebih unggul karena tidak mengharuskan aplikasi terinstal di setiap komputer pengguna. Anda sebagai pemegang lisensi cukup masuk ke halaman Adobe Console, dan melakukan pengaturan siapa saja pengguna yang diperbolehkan untuk memakai. Hal ini dapat mencegah orang-orang nakal yang ingin memakai aplikasi secara gratis dan bebas.

Sementara Adobe CS, masih menggunakan instalasi secara manual; setiap komputer pengguna harus terpasang aplikasi yang hendak dipakai. Semisal, Anda lebih banyak menggunakan Photoshop untuk membuat desain, maka pada komputer kantor, perangkat lunak ini sudah pasti harus ada. Untuk memudahkan proses lembur yang sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda pun diwajibkan menyediakan software desain ini di laptop pribadi. Akhirnya satu aplikasi terpasang di dua perangkat keras, sehingga tidak lagi efisien dalam pemakaian.

Penyimpanan Data

Untuk masalah pertukaran data, Adobe CS juga lebih memakan waktu. Pasalnya, Anda hanya bisa bertukar data melalui flashdisk, harddisk eksternal, maupun email. Tidak praktis dan dapat memenuhi memori perangkat penyimpanan.

Adobe CC justru membalikkan kelemahan pada Adobe CS ini sebagai kelebihan. Pasalnya, Adobe menyediakan media penyimpanan hingga 20GB pada cloud storage. Syaratnya hanya satu, akses internet yang memadai. Selama itu terpenuhi, maka Anda dapat mengakses data kapan dan di mana saja, bahkan melakukan kolaborasi pekerjaan dengan rekan kerja.

Jadi, masih bingung membedakan antara Adobe Creative Suite dan Adobe Creative Cloud? Semoga ulasan singkat ini dapat membantu.