Tips Autocad: Cara Membuat Kubus Menggunakan Extrude

Tips Autocad: Cara Membuat Kubus Menggunakan Extrude

Pembuatan box kubus atau balok merupakan salah satu tugas dasar yang sering diperkenalkan pada pengguna AutoCAD pemula. Anda dapat membuat objek geometris yang satu ini dengan berbagai command di AutoCAD, dua di antaranya adalah Line dan Extrude.

Command Line berfungsi untuk menggambar objek 3D maupun 2D dengan membuat garis. Caranya adalah dengan menentukan dua titik ujung yang salah satu ujung garisnya merupakan titik awal dari garis selanjutnya. Berbeda dari command Line, Extrude menghadirkan kurva yang dapat ditarik menjadi bentuk geometris solid atau permukaan yang sesuai dengan bentuknya.

Saat menggunakan command Extrude, Anda dapat memilih beberapa opsi berikut:

  • Mode. Tentukan mode Extrude, apakah untuk membuat solid atau surface.
  • Path Extrusion. Dengan memilih opsi Path, Anda dapat menentukan objek yang akan dijadikan Path untuk profil atau bentuk yang akan diekstrusi.
  • Taper angle. Opsi ini berfungsi mengecilkan angle pada kurva yang akan diekstrusi. Fungsi ini dapat digunakan pada pembuatan model mesin.
  • Direction. Fungsi Direction akan membantu Anda menentukan dua titik yang panjang atau arahnya ingin ditonjolkan dengan fungsi Extrude.
  • Expression. Anda dapat memasukkan Expression matematis untuk memperkecil ketinggian model gambar yang akan diekstrusi.

Jika dilihat dari cara kerjanya, Extrude tampaknya dapat lebih mudah dioperasikan untuk mempercepat pembuatan objek solid 3D pada AutoCAD. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang fungsi Extrude dalam membuat kubus, simak tutorial singkatnya di bawah ini:

  1. Buka program AutoCAD. Anda akan melihat lembar kerja baru dengan tampilan permukaan berwarna gelap.
  2. Kemudian, pilih simbol polyline pada garis vertikal yang berada di panel kanan.
  3. Selanjutnya, klik di area yang ingin Anda gambar. Agar garis yang dibuat terlihat lebih rapi dan lurus, tekan tombol F8 pada keyboard atau klik opsi Ortho yang muncul di bawah garis lurus.
  4. Jika garisnya sudah terlihat rapi, lanjutkan dengan menyetel jarak yang diinginkan. Anda dapat memasukkan sendiri hitungan jarak pada kolom komen bagian bawah. Arahkan garis ke bawah, kanan, dan atas hingga mencapai titik pertama dan membentuk persegi. Saat bentuk perseginya sudah mulai terlihat, tekan ENTER.
  5. Pada tahap ini, Anda dapat mulai menggunakan command Extrude. Caranya, ketik EXT pada kolom command lalu tekan ENTER.
  6. Klik gambar persegi tadi dan tekan ENTER kembali. Anda dapat melihat kubus atau box mulai terbentuk. Selanjutnya, setel tinggi dan lebar persegi lalu ENTER.
  7. Kubus Anda pun sudah terbentuk dengan sempurna. Jika ingin mengubahnya ke model 3D, Anda dapat menggunakan fungsi orbit maupun Conceptual Visual Style.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Sekarang giliran Anda mempraktikkan tutorial sederhana di atas. Selamat mencoba!

Posted by / April 18, 2019
Posted in
news