Cara Meningkatkan Efektivitas Kerja Remote dengan Azure

Kerja remote memang memberi kenyamanan bagi karyawan untuk mengerjakan tugasnya dari rumah. Mereka dapat menghabiskan waktu yang lebih banyak bersama dengan keluarga. Berkaitan dengan efektivitas kerja para karyawan, pihak perusahaan perlu menyediakan infrastruktur yang bisa diandalkan. Untuk aspek yang satu ini, solusinya bisa Anda dapatkan lewat layanan cloud computing Microsoft Azure.

Azure merupakan layanan berbasis cloud yang mempunyai fitur komprehensif dari Microsoft. Menariknya, Microsoft menggunakan sistem pembayaran pay as you go atau sesuai pemakaian. Dengan begitu, Anda tinggal memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Lalu, apa saja layanan di Azure yang bisa Anda manfaatkan untuk menunjang kerja remote?

promo azure

Pilihan Layanan Azure yang Mendukung Produktivitas Kerja Remote

Untuk membantu Anda dalam memilih layanan cloud computing yang tepat di Azure, berikut ini adalah beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan:

1. Windows Virtual Desktop

Windows Virtual Desktop atau WVD merupakan virtualisasi aplikasi dan desktop yang dijalankan pada platform Microsoft Azure. Prinsip kerja WVD tidak jauh berbeda dengan virtual machine. Hanya saja, virtual machine di WVD berjalan di ekosistem cloud Microsoft Azure. Dengan begitu, penggunaan WVD tidak akan terlalu membebani kinerja perangkat yang tengah digunakan.

Baca juga: Apa Itu Windows Virtual Desktop dan Bagaimana Menggunakannya

Penggunaan WVD tidak ubahnya seperti komputer Windows biasa. Anda bisa melakukan instalasi berbagai aplikasi yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota tim. Selain itu, WVD memberi nilai plus karena Anda bisa menjalankannya dari berbagai platform, termasuk di antaranya adalah Windows, MacOS, Android, Linux, dan bahkan lewat browser.

2. Microsoft Teams

Saat kerja remote, Anda perlu memastikan bahwa komunikasi antara setiap anggota tim terjalin dengan baik. Oleh karena itu, Microsoft menyediakan layanan bernama Microsoft Teams dalam platform cloud computing miliknya. Di sini, Anda bisa menjumpai ruang kerja virtual yang dapat mendorong setiap anggota tim berkomunikasi secara nyaman.

Lihat juga: Kerja Cara Baru dengan Microsoft Teams

3. Microsoft Intune

Berikutnya, ada solusi tool berbasis cloud praktis yang bisa Anda manfaatkan sebagai mobile device management (MDM) ataupun mobile application management (MAM). Pemanfaatan Microsoft Intune bisa Anda gunakan untuk memastikan penggunaan perangkat milik perusahaan terkontrol dengan baik.

Melalui Microsoft Intune, Anda bisa melakukan pengaturan hak akses terhadap file tertentu dengan mudah. Selain itu, Microsoft Intune dapat Anda manfaatkan secara bersamaan dengan layanan Microsoft lainnya, termasuk di antaranya adalah Microsoft Teams, One Note, serta aplikasi Microsoft 365 lainnya.

Baca juga: Penerapan Work from Home Semakin Mudah dengan Microsoft Intune

4. Dynamic 365

Ada pula pilihan layanan berupa Dynamics 365. Perangkat lunak berbasis cloud ini memiliki peran yang efektif dalam melakukan pelacakan aktivitas bisnis. Penggunaannya juga fleksibel, bisa dimanfaatkan oleh perusahaan supply chain, manufaktur, retail, dan lain sebagainya. Selanjutnya, Anda tinggal menyesuaikan penggunaan berdasarkan kemampuan perusahaan.

Lewat Dynamics 365, Anda akan merasakan kalau akses informasi bisa berjalan dengan lebih lancar. Komunikasi antara manajemen, karyawan, serta pihak ketiga bisa terjaga dengan baik. Selanjutnya, pihak manajemen bisa memanfaatkan laporan real time di Dynamics 365 sebagai landasan pengambilan keputusan yang akurat.

5. Microsoft Security

Terakhir, Anda perlu memastikan bahwa aktivitas kerja remote tidak membahayakan data-data penting dan sensitif milik perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan layanan berupa Microsoft Security. Layanan cloud computing ini mampu memberi perlindungan secara komprehensif, tidak hanya melindungi data, tetapi juga proteksi terhadap infrastruktur dan para pengguna.

Penggunaan Microsoft Security sangat penting karena keamanan data dapat berdampak secara langsung pada bisnis. Kecerobohan dalam upaya menjaga data, bisa menimbulkan penurunan kualitas layanan. Bahkan, data penting yang dimiliki bisa dimanfaatkan oleh para kompetitor. Lebih lanjut, pihak perusahaan akan mengalami kerugian akibat menurunnya tingkat kepuasan pelanggan.

Nah, itulah sebagian kecil layanan yang bisa mendorong produktivitas dan efektivitas kinerja para karyawan saat kerja remote. Selain 5 produk tersebut, Anda bisa menjumpai ada banyak solusi lain yang tidak kalah efektif bisa Anda dapatkan dari layanan cloud computing Microsoft Azure. Kalau masih bingung, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan kami.

aure solutions

Posted by / April 14, 2021
Posted in
news