Cara Microsoft 365 Dukung Kerja Remote dalam Perusahaan

Sejak pandemi COVID-19, sebagian karyawan perusahaan bekerja dari rumah. Work from home (WFH) menjadi solusi terbaik untuk tetap produktif sekaligus meminimalisasi penyebaran virus. Kondisi ini membuat perusahaan maupun karyawan mau tidak mau harus dapat beradaptasi. Tempat kerja tidak lagi hanya di kantor, tetapi bisa juga di rumah.

Tren Bekerja Remote

Salah satu keuntungan bekerja secara remote adalah dapat bekerja dari mana saja. Meskipun tidak berkantor dan diawasi secara langsung oleh atasan, karyawan bisa tetap produktif. Evaluasi kinerja karyawan biasanya dinilai berdasarkan hasil pekerjaan yang ditunjukkan.

Ada beberapa keuntungan menggunakan sistem kerja remote bagi perusahaan. Salah satunya, perusahaan dapat menghemat biaya operasional, misalnya sewa gedung dan biaya listrik. Selain itu, hasil pekerjaan biasanya lebih optimal karena penilaian berdasarkan hasil, bukan jam kerja.

Sementara itu, bagi karyawan, bekerja secara remote juga memberikan keuntungan tersendiri. Pertama, lebih hemat tenaga dan waktu karena tidak perlu datang ke kantor. Kedua, bisa bekerja dekat dengan keluarga. Ketiga, lebih produktif karena jadwal kerja bisa diatur secara fleksibel.

Akan tetapi, ada pula kendala atau tantangan yang umumnya dirasakan oleh pekerja remote dan perusahaan. Hal yang paling utama terkait dengan komunikasi efektif, baik antara atasan dan bawahan maupun dengan rekan kerja. Jika komunikasi tidak berjalan lancar, kinerja perusahaan dapat bermasalah. Selain itu, sistem yang digunakan pun harus mendukung pekerjaan tim.

Baca juga : Kerja Remote Lebih Produktif dengan Modern Workplace

Layanan Microsoft 365 untuk Produktivitas

Untuk mengatasi kendala perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote, Microsoft 365 menyediakan sejumlah fitur yang bisa digunakan secara maksimal. Berikut di antaranya:

·         Microsoft Teams untuk Komunikasi

Microsoft Teams adalah aplikasi yang sangat berguna bagi para pekerja remote. Melalui aplikasi ini, Anda dapat menyelenggarakan rapat, menelepon, mengobrol, serta berbagi file kepada anggota tim. Di sini terdapat fitur untuk melakukan obrolan, baik secara pribadi maupun dalam grup.

Anda juga bisa melakukan panggilan video dalam sekali sentuh. Selain itu, Anda dapat mengubah obrolan grup menjadi rapat dengan konferensi video dengan mudah. Jumlah anggota yang dapat bergabung dalam pertemuan di Microsoft Teams bisa mencapai 10.000 orang.

Saat menggunakan Microsoft Teams, Anda akan dimanjakan dengan pengelolaan file yang rapi, baik dokumen percakapan maupun email. Dengan demikian, anggota tim lebih fokus untuk mengerjakan tugas yang paling penting dan mendesak.

·         OneDrive untuk Penyimpanan

Nikmati cloud service dari Microsoft 365 melalui layanan OneDrive. Cloud service adalah layanan penyimpanan berbasis cloud. Keunggulannya antara lain mudah diakses dari mana saja. Layanan ini sangat bermanfaat bagi pekerja remote karena memungkinkan untuk berbagi atau menyimpan file di tempat yang aman tanpa batas jarak atau waktu.

Selain itu, perubahan yang dilakukan dalam cloud bisa dilihat secara real time sehingga pekerjaan bisa dilanjutkan tanpa terkendala jeda penyimpanan. Cloud storage berbentuk OneDrive juga dilengkapi dengan perlindungan terhadap data yang disimpan, baik dari ancaman dari luar maupun kelalaian.

·         Microsoft List untuk Membuat Prioritas

Anda bisa bekerja lebih efektif dengan menentukan prioritas yang tepat. Hal yang sama dapat diterapkan dalam kerja tim. Buatlah daftar prioritas pekerjaan sesuai kebutuhan sehingga anggota tim bisa bekerja secara efektif dan hasil yang didapatkan lebih optimal.

Daftar pada Microsoft List juga akan membantu mencatat informasi penting yang bisa diakses oleh semua anggota tim dalam waktu bersamaan. Jadi, tidak ada lagi masalah miskomunikasi meskipun tim kerja berada di tempat yang berbeda-beda.

Baca juga : 7 Fitur Microsoft 365 Terbaik untuk Mendukung Bisnis Kecil

Inilah beberapa layanan Microsoft 365 yang dapat memberikan dukungan terbaik bagi pekerja remote. Dengan layanan yang ditawarkan tersebut, kendala yang dihadapi saat bekerja jarak jauh bisa teratasi dan kinerja makin meningkat.

Posted by / March 12, 2021
Posted in
news