Cara Tingkatkan Penjualan E-Commerce dengan Microsoft Azure

Bagaimana cara meningkatkan penjualan e-commerce agar dapat memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan? Saat ini, perkembangan e-commerce terbilang sangat pesat. Persaingan pun makin ketat. Jika strategi yang digunakan tidak tepat, hal ini dapat berdampak terhadap tingkat penjualan.

Untuk meningkatkan penjualan, strategi berupa langkah teknis juga sangat penting. Salah satu contohnya, mengatur alur penjualan agar dapat memuaskan pelanggan. Bagian ini sering menjadi kendala, apalagi jika transaksi berjumlah banyak. Untuk mengatasi itu, Microsoft Azure dapat menjadi solusinya. Lebih jauh, yuk simak beberapa cara meningkatkan penjualan berikut ini.

1. Beri Apa yang Diinginkan Pelanggan

Prinsip utama penjualan yang lancar adalah menyediakan produk yang diinginkan oleh pelanggan. Produk yang tidak diminati akan sulit untuk dijual. Nah, platform e-commerce yang dibangun menggunakan Microsoft Azure akan membantu Anda untuk menganalisis lalu lintas ke web dan rasio konversi jelajah hingga membeli. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk menentukan jenis produk baru berdasarkan perilaku pelanggan.

Anda pun dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih personal dengan konten maupun penawaran khusus—bukan hanya saat penjualan, tetapi sebelum dan sesudah tindakan penjualan. Azure akan memungkinkan Anda melayani pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini merupakan langkah strategis yang menghasilkan keuntungan.

2. Cari Lebih Banyak Pelanggan

Makin banyak pelanggan, makin banyak pula transaksi yang mungkin terjadi. Untuk mencari pelanggan, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, misalnya memberi diskon, melakukan promo pada momen khusus, dan tindakan lain yang menambah minat pasar terhadap produk.

Namun, Anda harus dapat menangani tiap transaksi dengan pelanggan tersebut dengan lancar. Caranya adalah merancang pengalaman pembelian yang aman dan mudah bagi pelanggan setiap saat. Dengan demikian, pelanggan akan puas dan kembali berbelanja saat membutuhkan produk.

3. Penuhi Permintaan Pelanggan

Makin banyak penjualan tentu makin baik bagi perkembangan bisnis. Namun, hal itu juga berdampak pada sisi lain, yaitu kemampuan untuk memenuhi permintaan pelanggan. Sebagian pemilik bisnis tidak siap dan tidak beradaptasi dengan perubahan permintaan terhadap jumlah produk, baik yang bisa diprediksi maupun tidak bisa diprediksi. Akibatnya, pelanggan menjadi kecewa.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda harus dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan menyediakan sistem transaksi yang berlangsung otomatis. Dalam hal ini, layanan cloud sangat berguna. Platform as a Service (PaaS) dan App Service melalui Microsoft Azure bisa dimanfaatkan.

4. Optimalkan Rantai Pasokan

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengoptimalkan rantai pasokan. Anda bisa menghemat uang jika bisa merampingkan rantai pasokan. Caranya adalah dengan membangun portal yang bisa diakses secara online oleh pengguna. Hal ini akan meningkatkan kepuasan pemasok dan penjual. Selain itu, manajemen inventaris juga lebih rapi.

Akses layanan mandiri ini dapat mencakup laporan pesanan, materi pemasaran, dan data pelanggan yang kembali. Biasanya, para pengecer dan toko grosir hanya bisa menanyakan hal ini kepada customer service. Dengan solusi yang disediakan ini, prosesnya menjadi lebih singkat.

5. Kelola Infrastruktur IT dengan Tepat

Sebagai pengusaha, tugas utama Anda adalah menjual produk sehingga bisa menghasilkan keuntungan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Jika urusan pengelolaan infrastruktur IT masih menyita perhatian, Anda pun tidak akan maksimal dalam melakukan tugas utama tersebut.

Karena itu, manfaatkan layanan dari Microsoft Azure untuk mendapatkan solusi yang bisa meningkatkan kinerja penjualan. Dengan menyerahkan pengelolaan infrastruktur IT pada penyedia cloud, Anda bisa lebih fokus mengurus metode penjualan yang lebih kompleks. Solusi dari Azure bersifat sederhana, tetapi andal.

Jadi, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk secara online. Dengan dukungan Microsoft Azure, ecommerce yang Anda kelola akan lebih berkembang dan memberikan hasil yang optimal.

azure solutions

Posted by / April 23, 2021
Posted in
news