Cloud Backup Membantu Bisnis Anda agar Terhindar dari Kejahatan Cyber

Cloud Backup Membantu Bisnis Anda agar Terhindar dari Kejahatan Cyber

Memasarkan produk dan layanan secara online memang menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk bisnis Anda. Masyarakat saat ini pun cenderung lebih tertarik untuk membeli produk secara online. Memang ada banyak untungnya yang bisa didapatkan jika Anda memanfaatkan internet atau teknologi sebagai sarana pengembangan bisnis Anda. Tapi hal ini juga tidak menutup kemungkinan kalau dari teknologi ini pula bisnis Anda bisa terancam oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Semakin canggih teknologi, semakin canggih pula para peretas yang ingin mencuri data dan merugikan bisnis Anda. Bahayanya, jika peretas sudah berhasil melakukan kerusakan, sebagai pemilik data tidak ada yang bisa dilakukan sama sekali. Tapi, bukan berarti kondisi ini sama sekali tidak ada pencegahannya. Ada beberapa langkah yang bisa Anda pilih untuk melindungi data bisnis Anda dari kerugian dan risiko seperti ini, salah satunya melalui cloud backup.  Apa yang dimaksud dengan cloud backup? Berikut penjelasannya.

Cloud Backup

Cara yang paling murah dan aman untuk melindungi semua data Anda adalah dengan memanfaatkan teknologi cloud yang sudah ada. Dalam hal ini, cloud merupakan platform yan mendukung data Anda secara online dibandingkan dengan cara konvensional yang berupa menyimpan semua data tersebut ke penyimpanan fisik yang memiliki risiko tinggi.

Melalui sistem cloud, pemilik bisa mengakses data dari jarak jauh melalui login secara aman menuju penyimpanan dengan koneksi yang sudah terenkripsi. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan penyimpanan melalui cloud yang bisa Anda beli dengan biaya yang sangat terjangkau karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing. Alternatif penyimpanan seperti ini sangat cocok untuk Anda yang merupakan pemilik usaha kecil dan menguntungkan bagi pemilik usaha menengah atau besar karena biayanya yang terjangkau.

Keuntungan dari cloud backup

Menyimpan data bisnis Anda ke dalam sistem cloud tentu memiliki banyak keuntungan. Misalnya sebagai awal, langkah ini merupakan cara yang efektif dan terjangkau guna melindungi data karena Anda tidak perlu mengamankan lokasi fisik untuk mencapai tujuan ini. Maksudnya, karena tersimpan ke dalam sistem, maka Anda tidak perlu menyediakan tempat khusus dengan keamanan tingkat tinggi untuk melindunginya.

Lalu yang kedua, sebagai pemilik data bisnis, tentu Anda bisa mengakses data tersebut melalui perangkat yang terhubung ke internet dari lokasi mana pun dan kapan pun. Jika terjadi kehilangan, data pun bisa segera dikembalikan ke server dan komputer Anda. Backup data ini dilakukan di belakang layar secara otomatis, sehingga Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya dan waktu tambahan untuk melakukannya secara manual. Hal terpenting dari sistem cloud ini adalah data bisnis Anda akan aman dari penjahat cyber yang tidak memiliki akses yang sah untuk masuk ke data tersebut.

Faktor yang Harus Diperhatikan Ketika Anda Memilih Layanan Cloud

Saat ini memang sudah banyak penyedia layanan cloud backup, tapi sebagai pemilik bisnis Anda harus memilihnya dengan bijak. Pilihlah penyedia layanan yang akan memberikan atau menawarkan solusi terbaik untuk bisnis anda. Sebelumnya, Anda bisa memilah dengan mengetahui terlebih dahulu berapa total data yang perlu Anda back up. Kumpulkan rincian jenis file tertentu yang perlu dicadangkan sehingga Anda bisa menemukan solusi yang sesuai.

Pada beberapa penyedia layanan, sudah ada pula yang menawarkan keamanan saat mengakses datanya di perangkat seluler. Maka pilihlah yang menyediakan keamanan pada perangkat selular itu pula. Faktor yang paling penting untuk menemukan layanan penyedia cloud backup  yang tepat adalah dengan meneliti latar belakang penyedia tersebut. Data bisnis bagaikan permata bagi Anda, tentu Anda tidak ingin bisnis tersebut berada di tangan yang salah, benar? Pilihlah penyedia yang menawarkan pelayanan 24/7 untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Posted by / April 11, 2018
Posted in
news