Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Bisnis Skala Corporate Sebelum Memilih Provider Cloud Backup

cloud backup untuk bisnis skala corporate

Seiring berkembangnya perusahaan yang Anda kelola, maka akan semakin banyak pula data-data yang harus diarsipkan. Tentu saja hal ini berbeda jika dibandingkan dengan dulu saat pertama kali bisnis dirintis. Hal ini akan berimbas pada kapasitas PC yang Anda gunakan yang semakin lama semakin berkurang. Oleh sebab itu, cloud backup bisa menjadi solusi untuk Anda dengan kapasitasnya yang lebih besar.

Namun sebelum memilih cloud backup, ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan, seperti berikut ini contohnya.

Masalah Keamanan Itu yang Utama

Dalam menggunakan layanan cloud backup, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah masalah keamanan itu sendiri. Pastikan provider cloud backup Anda memiliki sistem keamanan yang ketat sehingga mampu melindungi data-data Anda dari jangkau pihak ketiga yang berniat tidak baik. Apa lagi jika perusahaan Anda berhubungan dengan banyak konsumen, tentunya privasi mereka harus Anda prioritaskan, bukan?

Pelanggan  yang tidak yakin dengan keamanan privasi mereka akan ragu bekerja sama dengan anda. Untuk itu, tak ada salahnya Anda menanyakan pada provider mengenai sistem apa yang mereka gunakan untuk menjaga keamanan data Anda.

Seberapa Sering Frekuensi Backup-nya?

Bagi Anda yang mengelola perusahaan dalam skala besar, tentunya akan berhubungan dengan banyak pelanggan setiap harinya, bukan? Hal ini akan berdampak pada penambahan data yang harus diarsipkan ke dalam cloud backup. Setiap hari data Anda mengalami perubahan sehingga ada baiknya Anda mencari provider cloud backup yang memiliki frekuensi backup lebih sering. Semakin sering data Anda dicadangkan di cloud maka akan semakin aman dan Anda pun bisa mendapatkan informasi terkini.

Namun, jika Anda merasa perusahaan yang Anda kelola tidak begitu memerlukan frekuensi backup yang terlalu sering, maka bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Karena provider biasanya memberikan pilihan yang bervariasi, maka anda pun bebas memilih sesuai dengan keperluan.

Teknologi Cloud Terbaru Lebih Baik

Setiap harinya teknologi cloud akan diperbarui seiring timbulnya ancaman cyber yang dapat membahayakan data di dalamnya seperti malware-malware tertentu yang bisa memberikan dampak negatif pada data Anda di cloud. Semakin hari malware ini juga akan semakin “pintar” sehingga Anda pun memerlukan layanan cloud backup yang mampu menyaingi malware tersebut. Oleh sebab itu, pastikan cloud backup yang Anda pilih telah menggunakan teknologi terbaru yang canggih agar Anda tenang dalam mencadangkan data di cloud.

Lihat Dulu Sertifikasi Data Center-nya

Sejauh ini, ada 4 macam tingkatan dalam sertifikasi data center yang diberikan oleh Uptime Institute. Semakin tinggi tingkatan sertifikasi oleh suat provider cloud backup, maka itu artinya semakin terjamin infrastruktur yang dimilikinya. Hal tersebut dinilai dari koordinasi, kondisi operasional, rancangan data center, manajemen, serta pemeliharaan.

Cloud Backup Provider yang memiliki sertifikasi tingkat atas pada umumnya memiliki downtime yang lebih rendah sehingga bisa Andalkan untuk efektivitas bisnis Anda. Memang harganya akan lebih mahal, namun percayalah bahwa hal itu sangat penting untuk kelangsungan bisnis anda karena downtime yang berlangsung terlalu lama akan memberikan kerugian pada perusahaan Anda.

Kini Anda sudah tahu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih layanan cloud backup. Dengan berpedoman pada poin-poin di atas, Anda bisa menemukan cloud backup yang sesuai dengan bisnis Anda. Cloud backup yang tepat akan membantu kegiatan operasional perusahaan lebih efektif.

Posted by / December 21, 2017
Posted in
news