Manfaat Disaster Recovery untuk Bisnis Skala Corporate

Disaster Recovery untuk Bisnis Skala Corporate

Di Indonesia, banyak sekali bisnis yang skala pasarnya sudah sangat besar, tetapi masih ada yang tidak mengindahkan apa itu pentingnya disaster recovery. Beberapa perusahaan mungkin akan mempunyai alasan bahwa kecelakaan kerja sangat jarang terjadi atau komputer akan aman dari gangguan hacker/kerusakan. Padahal, setiap kecil kemungkinan harus tetap diwaspadai karena ini menyangkut kepentingan dan masa depan perusahaan.

Coba bayangkan jika data-data penting perusahan harus hilang dan tidak ada backup sama sekali? Tentu itu akan menjadi bencana karena risiko kerugian bisa menyebabkan perusahan bangkrut. Nah, oleh karena itu, sekarang kita akan mencoba membahas tentang disaster recovery dan bagaimana pentingnya untuk bisnis skala corporate?

Apa Itu Disaster Recovery?

Disaster recovery, atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan pemulihan bencana, adalah pengelolaan secara rasional dan cost-effective bencana terhadap sistem informasi yang akan dan telah terjadi. Tujuan dari dilakukannya disaster recovery adalah untuk meminimalisir segala risiko dan optimalisasi antar entitas perusahaan terhadap risiko bencana. Nah, lalu apa manfaatnya disaster recovery untuk bisnis skala corporate?

  • Kecepatan pemulihan sistem

Bayangkan jika ada gangguan di dalam salah satu sistem perusahaan Anda, tentu akan mengganggu operasional perusahaan. Lalu bagaimana jika gangguan sistem tersebut mengganggu penjualan perusahaan yang tentu menjadi sumber keuntungan? Anda bisa membayangkan berapa puluhan atau bahkan ratusan juta kerugian jika sampai terjadi gangguan sistem. Nah, adanya disaster recovery akan menanggulangi hal ini, jadi kalaupun terjadi gangguan di dalam sistem maka downtime-nya tidak terlalu lama.

  • Meminimalisir penggunaan sumber daya

Jika perusahaan Anda sudah menggunakan solusi disaster recovery, itu akan sangat membantu perusahaan dalam urusan penggunaan sumber daya. Disaster recovery ini biasanya menggunakan virtual aset, yang mana dapat menghemat penggunaan sumber daya. Jadi, jika Anda sudah bekerja sama dengan penyedia layanan disaster recovery, Anda sudah tidak perlu lagi bingung tentang pelatihan sumber daya.

  • Lebih fleksibel

Disaster recovery modern akan sangat memaksimalkan teknologi jika dibandingkan dengan sistem tradisional. Jadi, Anda benar-benar dapat memilih bagian mana saja yang masuk ke dalam disaster recovery. Misalnya hanya bagian server perusahaan, data center, atau bahkan data penjualan saja. Ini akan sangat cocok kepada bisnis corporate yang baru berkembang.

  • Keamanan terjamin

Kelebihan lain dari penggunaan disaster recovery adalah keamanannya yang sudah pasti terjamin. Penyedia layanan sudah pasti akan menjamin setiap data yang ada, dalam bentuk fisik maupun secara digital. Selain itu, Anda sebagai pemilik perusahaan juga bisa meminta laporan bagaimana kondisi disaster recovery di dalam perusahaan. Penggunaan disaster recovery juga bisa dilakukan sebelum, saat bencana, dan sesudah bencana. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba perusahaan Anda tertimpa bencana.

  • Profesional

Kelebihan terakhir yang bisa Anda dapatkan dari penyedia jasa disaster recovery adalah profesionalisme. Mulai dari jaminan keamanan, maintain bulanan, harga, sampai customer service akan dilayani dengan sangat baik.

Disaster recovery adalah investasi jangka panjang yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik perusahaan. Jika Anda tidak ingin semua aset perusahaan dilindungi oleh disaster recovery, dengan Azure Disaster Recovery dari Solusi.com, Anda bisa memilih mana saja aset yang ingin dilindungi. Coba bayangkan jika di perusahaan Anda terjadi bencana, lalu semua data berisiko hilang? Anda lebih baik menanggulangi risiko, bukan?

Posted by / February 2, 2018
Posted in
news