Pentingnya Disaster Recovery untuk industri Migas

Disaster Recovery untuk industri Migas

Migas adalah salah satu industri yang mempunyai risiko terjadi bencana paling tinggi. Tidak hanya soal keamanan masalah infrastruktur IT ataupun kesalahan prosedur, tetapi industri migas bisa juga terkena risiko natural disaster seperti gempa bumi, tornado, atau bencana lain. Apalagi beberapa industri migas ini terletak di lepas pantai, yang tentu lebih berbahaya dibandingkan perusahaan di darat.

Di Amerika Serikat, hampir semua industri migas sudah mempunyai disaster recovery yang bisa dibilang sangat bagus, apalagi daerah sana mempunyai potensi natural disaster yang cukup tinggi. Entah itu besar atau kecil perusahaan migas, mereka pasti mempunyai disaster recovery yang bisa dibilang sudah cukup canggih.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan mencoba membahas bagaimana pentingnya mempunyai disaster recovery, yaitu data center, untuk industri migas. Ini akan menjamin keamanan dan masa depan perusahaan Anda.

Pemilihan Lokasi Data Center

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menggunakan jasa penyedia disaster recovery adalah pemilihan lokasi. Data center yang ada di dalam disaster recovery harus benar-benar aman dari natural disaster, mempunyai iklim bisnis yang bagus, listrik yang stabil, dan mempunyai teknologi terkini.

Selain itu, lokasi jauhnya perusahaan migas Anda dari data center juga harus Anda perhatikan. Jangan sampai ketika ada masalah di dalam perusahaan migas Anda, staf dari penyedia layanan ini datangnya sangat lama. Terlebih lagi, biasanya perusahaan migas ini selalu aktif dalam waktu 24 jam, jadi memilih data center yang tidak terlalu jauh dari lokasi perusahaan Anda bukan ide yang buruk.

Pemerintah Amerika Serikat mempunyai beberapa daerah yang rawan bencana alam, misalnya di tengah gurun, di dekat hutan, atau bahkan di pinggir sungai. Nah, di Indonesia, Anda juga bisa meminta calon perusahaan penyedia layanan jasa disaster recovery untuk memastikan bahwa tempatnya juga aman dari bencana.

Reliable

Ketika terjadi bencana, entah itu natural disaster atau kesalahan operasional lain, Anda sebagai pemilik perusahaan tentu menginginkan backup data yang sempurna. Jadi, Anda bisa memilih penyedia jasa disaster recovery yang reliable atau terpercaya. Pastikan mereka memiliki jaringan teknologi yang bagus, generator jika terjadi mati lampu, atau bahkan customer support. Jika ada salah satu dari faktor tersebut yang tidak dapat dipenuhi oleh penyedia jasa, infrastruktur data Anda bisa dalam bahaya.

Jaringan

Beberapa perusahaan penyedia layanan disaster recovery memiliki tipe jaringan yang berbeda-beda. Jaringan yang dimaksud adalah yang menghubungkan perusahaan Anda dengan kantor data center. Jika ada salah satu jaringan yang ternyata lemot atau sering putus-putus, tentu ini akan menghambat proses terjadinya transportasi data.

Perlindungan Aset

Beberapa penyedia layanan disaster recovery menyediakan spesial treatment jika perusahaan Anda memang mampu untuk menyukupinya. Pelayanan spesial ini misalnya ada beberapa orang yang selalu menjaga data center selalu online. Lalu, misalkan ada karyawan yang sedang cuti untuk beberapa hari, mereka juga harus bisa menjamin agar tidak terjadi downtime yang membuat operasional terganggu.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika perusahaan migas Anda membutuhkan disaster recovery ataupun data center. Poin-poin di atas memang tidak harus semuanya dipenuhi, ada beberapa catatan seperti besarnya lingkup perusahaan ataupun kekuatan finansial Anda. Tetapi keempat faktor di atas akan sangat membantu perusahaan migas Anda dalam menghadapi risiko terjadinya bencana. Tidak perlu khawatir, sebesar apapun perusahaan Anda, Azure Disaster Recovery dari Solusi.com mampu mengelola data dan aset perusahaan dengan baik dan aman.

Posted by / January 18, 2018
Posted in
news