5 Fitur Microsoft Power BI yang Meningkatkan Efektivitas Analisis dan Visualisasi Big Data

5 Fitur Microsoft Power BI yang Meningkatkan Efektivitas Analisis dan Visualisasi Big Data

Penggunaan big data kini menjadi tren yang berkembang di berbagai jenis perusahaan. Tengok saja perusahaan besar di Indonesia seperti GoJek, Grab, ataupun Traveloka. Mereka menggunakan analisis big data untuk mendapatkan informasi, pola tersembunyi, tren pasar, korelasi yang tak diketahui, atau info bisnis lain.

SVP Business Intelligence GoJek, Crystal Widjaja seperti dikutip dari Kumparan mengungkapkan kalau big data digunakan untuk berbagai hal di perusahaannya. Beberapa di antaranya adalah menilai performa karyawan, jarak tempuh para driver, lokasi penjemputan pengguna, dan lain-lain. Seluruh data tersebut kemudian dikompilasi dan dianalisis sehingga menjadi bahasa yang mudah dimengerti.

Big data dikumpulkan oleh perusahaan dari berbagai sumber. Sesuai dengan namanya, big data merupakan sekumpulan data yang berukuran sangat besar. Dalam pengelolaannya, perusahaan kerap membangun divisi yang khusus menanganinya. Dalam melakukan pekerjaannya, tim khusus itu juga perlu mempersenjatai diri dengan tool business intelligence yang bisa membantu kinerjanya. Untuk hal yang satu ini, Microsoft Power BI adalah solusinya.

Ada 5 fitur utama dari Microsoft Power BI yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan efektivitas analisis serta mempercantik visualisasi big data yang dimiliki. Lima fitur tersebut adalah:

Insight secara real-time

Fitur pertama yang memberi keuntungan dalam penanganan big data pada Microsoft Power BI adalah kemampuannya menghadirkan insight secara real-time. Pengumpulan data bisa dilakukan dari mana saja, kemudian di tampilkan di kantor pusat secara real-time. Tersedia pula notifikasi real-time yang bisa dipakai untuk kasus khusus.

Mendukung berbagai jenis data

Data yang bisa diproses oleh Power BI sangat beragam. Anda bisa menggunakan database, berkas spreadsheet, ataupun data real-time streaming (RTS). Semua data tersebut, yang jumlahnya bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan, bisa dikumpulkan lewat Power BI.

Kemudahan pemakaian

Power BI juga memberi keuntungan pada pemakaian penggunaannya. Anda bisa secara langsung mencoba memakai aplikasi ini lewat situs resminya. Bahkan, Microsoft mengungkapkan, hanya butuh waktu 5 menit bagi seseorang untuk bisa merasakan secara langsung efektivitas tool ini dalam melakukan analisis serta visualisasi data.

Visualisasi data yang beragam

Fitur berikutnya yang membuat Power BI menarik adalah opsi tampilan data yang mereka tawarkan. Anda bisa mencoba berkreasi semaksimalnya dengan perangkat lunak ini. Kalau mau, bisa pula memilih membuat custom visual yang unik dan bersumberkan pada kreativitas diri sendiri. Anda juga bisa pula memperoleh custom visual dari marketplace.

Integrasi yang mudah

Terakhir, adalah kemudahan dalam integrasi Power BI dengan perangkat lunak lain. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan Power Query dan Power Map pada Office 365. Selain itu, bisa pula menggunakan Power Query untuk mengekstraksi data dari Microsoft Excel.

Dengan keuntungan tersebut, pengolahan big data bisa dilakukan dengan lebih ringkas. Alhasil, Anda bisa mendapatkan informasi tersembunyi dari kombinasi data yang dimiliki. Selanjutnya, keputusan akhir sepenuhnya ada di tangan Anda.