Mengenal Fungsi Command Lanjutan pada AutoCAD

Mengenal Fungsi Command Lanjutan pada AutoCAD

Anda mungkin sudah familier dengan command dasar AutoCAD seperti CO/COPY, RO/ROTATE, X/EXPLODE, dan AR/ARRAY. Selain yang sudah disebutkan tadi, masih ada deretan fungsi command lanjutan yang mungkin masih belum begitu dipahami pengguna, khususnya pemula.

Command lanjutan yang akan kita bahas di sini tidak memiliki hotkey dan shortcut. Karenanya, Anda mungkin perlu adaptasi agar dapat mengingat namanya sekaligus memahami fungsinya. Deretan command lanjutan pada AutoCAD kemungkinan besar akan lebih sering digunakan saat Anda semakin mahir menggunakan perangkat lunak besutan Autodesk ini.

Nah, apa saja sih command AutoCAD lanjutan yang harus Anda pahami?

OVERKILL

Perintah OVERKILL ini bisa sangat membantu Anda dalam menghapus objek yang saling tumpang-tindih. Fungsi command inilah yang akan membuat objek jadi terlihat lebih rapi dan bebas dari kemungkinan error. Untuk menggunakannya, ketik overkill, enter, lalu pilih garis atau objek yang tumpang tindih. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Delete Duplicate Objects. Klik OK untuk membuang objek yang dipilih tadi.

OOPS

Perintah satu ini dapat mengembalikan item yang baru dihapus. Anda dapat menggunakan command ini setelah BLOCK atau WBLOCK. Namun, perintah ini tidak dapat digunakan untuk mengembalikan objek di layer yang sudah dihapus dengan fungsi PURGE.

PURGE

Kita sudah menyinggung perintah satu ini pada pembahasan di atas. PURGE berfungsi menghapus elemen atau objek yang sudah tidak terpakai seperti layer, line, shape, text, dan block. Fungsi lain dari perintah ini adalah mengecilkan ukuran file gambar.

QSAVE

Di AutoCAD tidak hanya ada tombol Save dan Save As, tapi ada pula QSAVE. Apa bedanya? QSAVE berfungi menyimpan gambar yang sedang digunakan. Misalnya, Anda mempunyai gambar dengan file bernama Draf01.DWG yang isinya sudah diedit. Nah, dengan menggunakan QSAVE, Anda dapat menyimpan perubahan-perubahan pada gambar tersebut dengan nama file yang sama. Perintah ini juga dapat berfungsi menyimpan file secara otomatis, terutama jika AutoCAD mengalami eror.

TEXTTOFRONT

TEXTTOFRONT dapat memindahkan text, dimension, maupun leader dalam jumlah lebih dari satu di depan semua objek yang ada di file gambar. Namun, perintah ini tidak dapat digunakan pada text, dimension, maupun leaders yang mengandung block dan xref.

ALIASEDIT

Kalau Anda kesulitan menghafal command AutoCAD, gunakan ALIASEDIT untuk membuat atau mengubah command yang memiliki shortcut. Saat menggunakan perintah ini, AutoCAD akan menampilkan file notepad berisi perintah yang dapat diubah secara manual, misalnya COPY dibuat aliasnya menjadi CO atau C.

MOCORO

MOCORO merupakan singkatan dari Move, Copy, dan Rotate. Command satu ini dapat digunakan jika Anda memerlukan modifikasi dengan ketiga fungsi editing umum tersebut. Tak hanya memindahkan, menyalin, serta memutar objek, command MOCORO juga dapat menyetel ulang skala gambar Anda.

SAVEALL

SAVEALL dapat menyimpan seluruh gambar yang masih terbuka. Jika gambar belum disimpan, SAVEALL akan menyimpannya dengan nama baru.

TORIENT

TORIENT berfungsi memutar text, mtext, block, dan definisi atribut agar lebih mudah dibaca. Objek dapat diputar hingga 180 derajat dari titik tengahnya. Itulah beberapa command lanjutan dalam AutoCAD yang fungsinya harus Anda pahami. Karena tidak ada hotkey untuk command di atas, Anda mungkin perlu mencatatnya hingga benar-benar hafal.