Hindarkan Data Penting Perusahaan dari Serangan Virus dengan Penyimpanan Berbasis Cloud

Hindarkan Data Penting Perusahaan dari Serangan Virus | Solusi.com

Keamanan data menjadi hal yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis. Apalagi, ancaman yang bisa menyerang eksistensi data tersebut bisa datang dari berbagai sumber. Salah satu ancaman yang sering menimbulkan kerugian adalah serangan virus. Sebagai contohnya adalah malware WannaCry yang sempat membuat heboh para pebisnis beberapa waktu lalu.

Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menanggulangi serangan virus adalah dengan memanfaatkan layanan penyimpanan berbasis cloud. Anda bisa menemukan berbagai opsi layanan cloud storage. Namun, khusus untuk para pelaku bisnis, Microsoft OneDrive for Business adalah opsi yang paling tepat.

Layanan ini bisa digunakan oleh perusahaan dengan harga yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, OneDrive for Business sangat cocok bagi perusahaan skala menengah yang ingin memperoleh fasilitas keamanan data setingkat perusahaan internasional. Di samping itu, perusahaan besar juga bisa menggunakan layanan ini sebagai cara untuk memangkas biaya operasional.

Lalu, seberapa aman data yang tersimpan di OneDrive for Business? Ada beberapa alasan yang bisa membuat Anda merasa terjamin dengan fasilitas keamanan data di OneDrive for Business, yakni:

Enkripsi data

Pertama, data yang tersimpan di Microsoft OneDrive for Business telah menjalani proses enkripsi menggunakan BitLocker Drive Encryption. Enkripsi data menggunakan BitLocker ini menjamin keamanan data yang tersimpan OneDrive, menghindarkan data dari serangan virus ataupun hacker.

Virus scanning

Microsoft juga menyediakan fitur virus scanning pada layanan OneDrive. Fitur ini digunakan untuk memastikan bahwa data yang diunggah ke OneDrive bebas dari virus.

Safe sharing

Layanan OneDrive for Business juga menyediakan metode berbagi berkas dengan aman. Anda tidak perlu mengirimkan email untuk memberi akses sebuah berkas kepada orang lain.

Tingkat Keamanan Layanan Penyimpanan Berbasis Cloud Tidak Mutlak

Namun, tingkat keamanan yang dimiliki oleh layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Microsoft OneDrive for Business tidak menjamin keamanan secara mutlak. Sering terjadi kerusakan berkas atau adanya ranswomware yang menyerang sebuah berkas pada file yang tersimpan di OneDrive.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Penyebab utama kemunculan masalah tersebut adalah pada perangkat yang Anda gunakan. OneDrive memang memperoleh proteksi virus dari Microsoft. Namun, bagaimana dengan perangkat yang Anda gunakan? Apalagi, kalau komputer sudah diatur secara otomatis melakukan sinkronisasi.

Oleh karena itu, pemakaian layanan berbasis cloud juga harus diseimbangkan dengan pengetahuan dari para penggunanya. Dengan kombinasi keduanya, data penting perusahaan bisa aman dan terhindar dari virus.

Posted by / October 1, 2018
Posted in
news