Tren Penggunaan Infrastruktur Hyper Konvergen dalam Dunia TI

Tren Penggunaan Infrastruktur Hyper Konvergen dalam Dunia TI

Arsitektur tradisional TI mulai ditinggalkan banyak pengguna. Kini banyak yang beralih menggunakan infrastruktur hiper konvergen yang menempatkan komputasi, storage, dan jaringan dalam satu wadah. Meningkatnya kebutuhan terhadap infrastruktur yang mudah digunakan, berbiaya rendah, dan tersedia fitur tambahan menjadikan hiper konvergen menjadi solusi tepat.

Diperkirakan pada tahun 2020, berdasar laporan Gartner, sebanyak 20 persen aplikasi bisnis yang semula diterapkan dengan menggunakan infrastruktur TI tradisional akan hijrah ke hyperconverged infrastructure (HCI).

Laporan lainnya dari Spicework juga menyebutkan bahwa hampir dua kali lipat perusahaan akan beralih menggunakan infrastruktur hiper konvergen.

Tak hanya untuk perusahaan, penggunaan infrastruktur hiper konvergen juga mulai banyak dilirik instansi pemerintah. Dengan penggabungan komputer, storage, jaringan, dan virtualisasi dalam satu platform membuatnya mengurangi kompleksitas sistem TI pemerintah yang biasanya menggunakan banyak vendor. Dengan kata lain, penerapan hiper konvergen ini membuat infrastruktur TI pemerintah menjadi lebih mudah dikelola, lebih terukur, dan juga lebih murah.

Industri kesehatan pun banyak yang memanfaatkan teknologi ini. Teknologi hiper konvergen mempermudah administrator TI untuk mengelola sistem TI dengan lebih terukur. Kesimpulannya, ke depan akan makin banyak yang menjadikan hiper konvergen sebagai infrastruktur wajib untuk meningkatkan performa perusahaan atau organisasi.

Keunggulan Hiper Konvergen Dibanding Penyimpanan Tradisonal

Infrastruktur TI hiper konvergen memiliki banyak keunggulan dibanding dengan infrastruktur Ti tradisional. Beberapa keunggulan yang dirasakan pengguna di antaranya adalah:

– Mudah digunakan

Admin TI bisa lebih mudah untuk membangun sistem TI berbasis infrastruktur hiper konvergen. Walau tak memiliki kemampuan mendalam tentang protokol penyimpanan, namun admin dapat mudah untuk menyiapkan infrastruktur TI perusahaan.

– Biaya lebih Rendah

Secara cost, perusahaan juga bisa merasakan biaya yang lebih terjangkau. Tidak perlu terus menerus melakukan penambahan hardware berbiaya tinggi.

– Lebih Canggih

Infrastruktur hiper konvergen memiliki banyak fitur tambahan yang memudahkan pengguna. Juga memberikan kemampuan yang lebih andal untuk mendukung kinerja perusahaan.

Nutanix merupakan penyedia infrastruktur hiper konvergen terkemuka di dunia. Dengan lebih dari 7.800 pelanggan menunjukkan kapasitasnya sebagai perusahaan penyediaan infrastruktur TI terbaik.

Keunggulan Nutanix dibuktikan dengan kepuasan pelanggan. Banyak pengguna terus menggunakan dan bahkan meningkatkan penggunaan layanannya di Nutanix.

Sistem cerdas serta otomatis yang disediakan Nutanix memberikan pengalaman berharga bagi pengguna. Selain itu, fleksibilitas yang ditawarkan menyebabkan tiap pengguna bisa leluasa untuk memilih layanan sesuai perkembangan perusahaan.

Melesatnya penggunaan infrastruktur hiper konvergen ini tak lepas dari banyaknya manfaat yang diterima pengguna. Oleh karenanya, sudah saatnya bagi perusahaan Anda untuk mempertimbangkan beralih ke infrastruktur TI terbaik ini.

Posted by / May 22, 2018
Posted in
news