Kelebihan Menggunakan Azure Virtual Desktop

Azure Virtual Desktop merupakan satu dari sekian fitur yang terdapat pada Microsoft Azure. Meski dalam penggunaannya membutuhkan pengaturan yang agak rumit, tetapi fitur tersebut cukup diminati. Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan Azure Virtual Desktop.

1.      Kemudahan mengakses pekerjaan

Kelebihan Azure Virtual Desktop yang pertama yaitu memudahkan mengakses pekerjaan dari mana saja, sepanjang perangkat yang dipakai terhubung ke jaringan internet yang stabil. Hal itu tentu sangat berguna untuk kebutuhan kerja jarak jauh.

2.      Dapat diterapkan di berbagai perangkat

Salah satu fitur unggulan Microsoft yang disukai para pekerja remote ini juga bisa digunakan pada bermacam perangkat, seperti Android, iOs, MacOs, Linux, dan lain sebagainya.

3.      Akses ke Windows 10

Pengguna bisa memperoleh akses ke Windows 10 dan menikmati layanan yang andal dengan beragam aplikasi yang menunjang produktivitas dalam bekerja.

4.      Data lebih rapi dan terjamin keamanannya

Saat menggunakan Azure Virtual Desktop, masing-masing pengguna terhubung pada virtual machine dan folder khusus sehingga tidak ada data yang tumpang tindih atau semrawut. Selain itu, pengguna Azure juga akan memperoleh akses ke fitur-fitur yang berfungsi memproteksi data sehingga data-data relatif lebih aman.

5.      Tidak direpotkan dengan pengelolaan infrastruktur IT

Ketika perusahaan memutuskan memanfaatkan teknologi virtual desktop dari Azure maka tidak perlu lagi repot-repot mengurus pengelolaan infrastruktur IT. Cukup fokus pada kenyamanan para karyawan dalam penggunaan fitur.

6.      Mempermudah melakukan beberapa pekerjaan sekaligus

Tidak sedikit dari kita yang terbiasa melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu bersamaan hingga taskbar di perangkat berimpitan saking banyaknya aplikasi yang dibuka. Azure Virtual Desktop menjadi solusi bagi pekerja yang hobi multitasking supaya bisa mengelompokkan aplikasi-aplikasi yang digunakan dan membukanya di beberapa virtual desktop.

7.      Lebih hemat biaya

Pengguna juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk instalasi infrastruktur IT ataupun perawatannya. Mereka hanya perlu membayar layanan sesuai banyaknya fitur yang dipakai.

Itulah tadi beberapa kelebihan menggunakan Azure Virtual Desktop. Perlu diperhatikan juga bahwa virtual desktop tetap memerlukan memori, maka hendaknya tetap mengatur aplikasi mana saja yang memang dibutuhkan untuk bekerja, dan segera menutupnya kembali bila sudah selesai.

 

azure solutions

Posted by / December 20, 2021
Posted in
news