Kerja Remote Lebih Produktif dengan Modern Workplace

Saat ini tengah marak budaya kerja yang tidak terikat pada tempat di mana orang-orang lebih suka bekerja di kafe sambil mengopi. Hal tersebut bisa terjadi berkat kemunculan modern workplace.

Tempat kerja virtual ini sebenarnya hanyalah sebuah layanan atau aplikasi yang memungkinkan semua orang bekerja di mana saja. Biasanya layanan ini menyediakan ruang penyimpanan dalam jumlah besar untuk menaruh fail berbentuk dokumen, gambar, hingga video. Fitur yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dan bertatap muka secara virtual juga biasanya disematkan.

Salah satu layanan modern workplace yang terkenal adalah Microsoft 365 dan Microsoft Teams. Walaupun keduanya hanyalah aplikasi yang tidak bisa menyediakan ruangan untuk bekerja, keduanya menyediakan segala aplikasi yang dibutuhkan layaknya sebuah kantor.

Untuk melakukan panggilan, Anda bisa menggunakan Microsoft Teams. Aplikasi ini menyediakan fitur panggilan yang memungkinkan Anda menelepon dan melakukan perutean langsung ke grup internal maupun eksternal. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur obrolan, rapat, dan kolaborasi. Dengan adanya SharePoint, kolaborasi bersama tim bisa berjalan efektif karena mendukung penulisan dan pengeditan dokumen bersama secara real-time.

Untuk peningkatan performa bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi analisis tingkat lanjut: MyAnalytics dan Power BI Pro. Melalui MyAnalytics, pengguna akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana ia menghabiskan waktunya dan mendapatkan cara untuk meningkatkan produktivitas. Sedangkan Power BI Pro membantu Anda dalam melakukan analisis data. Dilengkapi dengan diagram dan grafik, pemantauan performa bisnis jadi lebih mudah.

Berkas-berkas penting bisa disimpan dalam OneDrive yang menyediakan ruang penyimpanan sebesar 1 TB. Setiap orang yang memiliki tautan akses atau tamu bisa mengakses ruangan itu kapan saja. Guna menjamin keamanan penyimpanan, Microsoft sudah memiliki sistem keamanan canggih yang mampu menghalau malware atau pun surel yang berisi ancaman zero-day, program jahat, maupun ransomware.

Seluruh kelebihan itu masih ditambah dengan kemampuan program yang mendukung pengguna telepon seluler. Dengan begitu, pekerjaan bisa lebih mudah karena bisa diakses dari satu perangkat kecil. Anda tidak perlu lagi harus terus-menerus membuka laptop ketika akan membaca surel penting atau memeriksa hasil kerja kolaborasi ketika sedang bersantai.

Walaupun modern workplace berbasis cloud, Microsoft tetap mengedepankan keamanan. Microsoft memberikan perlindungan dari pencurian informasi serta ancaman dari luar. Dengan Microsoft, tempat apa pun bisa jadi kantor bisnis Anda.

Posted by / December 30, 2020
Posted in
news