Keuntungan Menggunakan Cloud Saat Kerja Tim

Cloud merupakan teknologi penyimpanan file secara online yang dapat digunakan untuk berbagi informasi dalam satu kelompok kerja. Teknologi berbasis internet ini bahkan telah disematkan dalam Microsoft Office 365, sehingga bisa digunakan dalam lingkup bisnis terkecil sekalipun. Berikut keuntungan yang bisa dirasakan saat menggunakan cloud ketika bekerja dalam sebuah tim.

  • Lebih Efisien

Saat bekerja menggunakan cloud, seluruh tim bisa mengakses proyek kapan saja. Misalnya dengan menggunakan One Drive pada Microsoft 365, selain bisa digunakan untuk menyimpan dokumen, file kerja juga bisa dibagikan antar tim. Ini membuat pekerjaan lebih mudah dikontrol dan setiap anggota bisa bekerja dengan lebih efisien.

  • Lebih Produktif

Agar kerja tim lebih produktif, suasana kerja harus dibangun senyaman mungkin. Karena itu, tidak sedikit yang memilih bekerja dari luar kantor. Hadirnya One Drive sebagai cloud storage sangat membantu produktivitas tim untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja.

Dokumen yang telah tersimpan bahkan dapat diakses menggunakan perangkat apa pun, termasuk perangkat mobile. Penelitian yang dilakukan oleh ICTC pada tahun 2013 silam menemukan bahwa perusahaan yang mengadopsi teknologi seluler dalam berbisnis dapat meningkatkan produktivitas hingga 28%.

  • Komunikasi dengan Klien Lebih Baik

Salah satu strategi agar bisnis Anda tetap sukses adalah menjalin komunikasi yang baik dengan klien. Ini berarti, Anda harus tetap memiliki hubungan yang lancar dengan klien yang mungkin berada di zona waktu atau negara berbeda.

Hadirnya cloud One Drive memungkinkan klien Anda untuk melihat versi terbaru dokumen, file, dan informasi relevan lainnya. Semua progres kerja akan tersinkronisasi secara otomatis jadi tak perlu takut klien akan melewatkan file tertentu. Tim juga bisa langsung berkomunikasi dengan klien bila ada hal-hal yang harus diperbaiki.

Office 365 juga dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi dan kontrol akses, sehingga tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Hanya mereka yang diberikan izin, yang dapat melihat informasi di dalam One Drive.

Demikianlah keuntungan yang bisa didapatkan bila perusahaan Anda menggunakan cloud One Drive. Semoga bermanfaat!

Posted by / December 8, 2020
Posted in
news