Kolaborasi Lebih Mudah dengan Azure Collaboration Tools

Kolaborasi merupakan satu dari sekian banyak cara yang dapat ditempuh pelaku usaha untuk meluaskan jaringan dan mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. Di era serba digital seperti saat ini, berkolaborasi dengan para pelaku usaha yang berada di tempat berjauhan bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Collaboration tools yang dapat dipakai untuk business to business collaboration atau kolaborasi B2B di antaranya adalah Azure Active Directory atau Azure AD.

Mengenal Azure AD

Azure AD ialah layanan pengelolaan akses yang bertumpu pada sistem cloud dari Microsoft. Selain sangat berguna bagi admin IT dan pengembang aplikasi, Azure AD juga dapat dimanfaatkan para pelanggan layanan bisnis Microsoft untuk memudahkan melakukan kolaborasi dengan  mitra-mitra usaha mereka.

Mengakses Azure AD

Agar dapat menggunakan Azure AD, kita tentunya harus memiliki akun di Microsoft. Pelanggan layanan bisnis Microsoft Online juga secara otomatis memperoleh Azure AD dan bebas mengakses semua fiturnya dengan cuma-cuma. Bagi seluruh penyewa juga disediakan kode sandi email sekali pakai yang dapat diaktifkan secara default untuk pengguna baru.

Cara pengguna tamu masuk ke Azure AD

Ada beberapa cara bagi pengguna tamu untuk bergabung di Azure AD. Cara pertama adalah pengguna tamu dapat masuk ke portal Microsoft Azure melalui email undangan yang dikirimkan. Cara berikutnya dengan langsung menambahkan pengguna tamu ke direktori melalui portal Microsoft Azure. Yang terakhir, dengan memberikan tautan untuk masuk ke portal Microsoft Azure atau ke aplikasi yang ingin dibagikan.

Alih-alih membuat akun baru, pengguna tamu juga bisa mengakses aplikasi ataupun layanan Azure memakai identitas mereka sendiri, baik itu akun perusahaan ataupun akun sosial.

Berkolaborasi dengan aman

Berbagi aplikasi dan bekerja sama dapat dilakukan dengan aman menggunakan Azure AD. Melalui kebijakan otorisasi dan pemberlakuan akses bersyarat, kita pun dapat melindungi dan mempertahankan kendali atas aplikasi dan data-data perusahaan. Apabila melihat indikasi penyalahgunaan, pengguna juga bisa memblokir pengguna tamu atau membatasi aksesnya.

Kolaborasi dapat membangkitkan semangat dalam menjalankan bisnis dan membuka peluang-peluang baru. Manfaatkan fitur-fitur Azure untuk kemudahan merancang kolaborasi yang efektif, efisien, dan aman.

 

azure solutions

Posted by / December 17, 2021
Posted in
news