Lokibot: Malware yang Bisa Menggandakan Diri & Berubah Jadi Ransomware ini Sedang Mengincar Industri Perbankan

Lokibot

Apakah kamu masih Ingat Mitos kuno tentang Hydra Si ular berkepala banyak yang tumbuh dua kepala saat seseorang dipotong mati? Binatang berbahaya tersebut sekarang ini muncul kembali dalam bentuk Malware Android dan sedang mengitai data perbankan Anda.

Bagaimana trojan perbankan biasa berperilaku? Biasanya trojan ini bekerja dengan menduplikasi tampilan interface mobile banking Anda dengan layar palsu, sistem kerjanya hampir sama dengan web phising, namun torjan ini bekerja dalam bentuk aplikasi yang menyerupai aplikasi mobile Banking Anda. Korban yang tidak curiga akan dengan mudah memasukkan kredensial mereka, yang menyebabkan data perbankan mereka beralih ke pelaku cyber.

Lalu bagaimana LokiBot berperilaku? Lokibot punya cara kerja yang sama , Lokibot tidak hanya mensimulasikan layar aplikasi perbankan Anda, namun juga antarmuka aplikasi lain seperti WhatsApp, Skype, dan Outlook, menampilkan pemberitahuan yang mengaku berasal dari aplikasi ini.

Yang artinya korban akan menerima pemberitahuan palsu, yang diduga berasal dari bank mereka, dengan mengatakan bahwa dana telah ditransfer ke rekening mereka, dan melihat kabar baik tersebut. lalu korban masuk ke mobile banking untuk konfirmasi. LokiBot bahkan membuat smartphone bergetar saat menampilkan notifikasi tentang dugaan transfer, yang membantu menipu bahkan clued-in users.

Selain itu LokiBot juga memiliki trik lain: Malware ini bisa membuka browser, menavigasi ke halaman tertentu, dan bahkan menggunakan perangkat yang terinfeksi untuk mengirim spam, yang pada dasarnya adalah bagaimana mendistribusikannya. Setelah mengambil uang dari akun Anda, LokiBot terus berjalan, mengirimkan SMS jahat ke semua kontak di buku telepon untuk menginfeksi sebanyak mungkin smartphone dan tablet, dan bahkan membalas pesan masuk jika perlu.

Dan yang lebih parah lagi, Jika Anda berupaya untuk menghapus LokiBot, malware tersebut mengungkapkan aspek lain: Untuk mencuri dana dari rekening bank, diperlukan hak administrator; Jika Anda mencoba untuk menolaknya, Malware ini akan bermutasi dari trojan ransomware, yang mana jika Anda tidak membayar tebusan yang diminta maka data Anda akan di kunci oleh malware tersebut.

Posted by / November 3, 2017
Posted in
news