Manfaat Azure Storage Untuk Kepentingan Data Bisnis

Secara sederhana, cloud storage adalah media penyimpanan data yang bisa diakses secara online menggunakan jaringan internet. Platform Azure Storage adalah solusi penyimpanan cloud Microsoft untuk skenario penyimpanan data modern. Layanan penyimpanan inti menawarkan penyimpanan objek yang dapat diskalakan secara besar-besaran untuk objek data, penyimpanan disk untuk komputer virtual Azure (VM) yang andal. Selain mudah diakses dari mana saja, Azure Storage juga dapat menjamin perlindungan data secara maksimal. Namun, hal ini sangat ditentukan oleh kualitas media penyimpanan yang digunakan. Dengan cloud security yang optimal, keamanan data pasti terjamin.

Nah, supaya lebih paham, simak terlebih dahulu beberapa manfaat cloud storage, khususnya bagi bisnis online, berikut ini.

1. Alat berbagi informasi

Jika perusahaan memiliki banyak cabang di berbagai daerah, lalu lintas data perlu menjadi perhatian utama. Salah satu cara yang paling praktis adalah memanfaatkan Azure Storage. Tiap cabang diizinkan mendapatkan akses sesuai porsinya. Pelaku bisnis menengah ke bawah juga bisa menggunakan layanan ini untuk berbagi informasi produk reseller dengan mudah.

2. Mudah menyimpan data

Sejauh apa kepedulian perusahaan terhadap arsip data yang dimiliki? Data merupakan napas sebuah bisnis sehingga keamanannya sangat perlu dijaga. Data perusahaan yang bersifat rahasia tidak boleh diketahui atau bocor kepada pihak lain. Hal ini berkaitan erat dengan sarana penyimpanan data yang tersedia. Salah satu solusi penyimpanan data yang didukung oleh Microsoft adalah Azure Storage. Dengan layanan ini, urusan penyimpanan data tidak lagi sekadar menonjolkan faktor kepraktisan, tetapi juga keamanan.

3. Membuka peluang kolaborasi

Melalui ketersediaan akses pada Azure Storage perusahaan, para karyawan bisa berkolaborasi secara mudah dengan rekannya melalui Microsoft Teams, SharePoint, dan Power Platform. Tak ayal, hal ini dapat meningkatkan produktivitas sekaligus memudahkan terciptanya ide atau terobosan baru. Pekerjaan pun lebih efektif karena semua informasi dapat diakses secara online.

4. Memiliki data cadangan

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan data dari harddisk atau hardware penyimpanan lainnya? Kerugiannya pasti besar, apalagi jika data yang hilang sangat penting dan tidak bisa didapatkan lagi dengan mudah. Nah, melalui sistem penyimpanan online berbasis cloud, insiden tersebut dapat dihindari. Layanan dari Azure juga menawarkan fasilitas berupa backup otomatis.

5. Memudahkan evaluasi bisnis

Wajar jika Anda tidak ingat lagi transaksi bisnis yang pernah terjadi pada waktu sebelumnya. Padahal, data transaksi yang telah lewat pun sangat berharga bagi kepentingan evaluasi bisnis. Dengan Azure Storage, Anda bisa menggali informasi tersebut secara mudah. Evaluasi bisnis pun bisa dilakukan secara lancar dan optimal.

Nah, inilah beberapa manfaat cloud storage bagi data bisnis secara khusus dan bagi perusahaan secara umum. Sangat penting, bukan?

azure solutions

Posted by / November 8, 2021
Posted in
news