Studi Kasus Manfaat Enterprise Cloud bagi Perusahaan | Solusi.com

Studi Kasus Manfaat Enterprise Cloud bagi Perusahaan

Studi Kasus Manfaat Enterprise Cloud bagi Perusahaan

Penggunaan komputasi awan semakin banyak dipilih perusahaan untuk menyediakan infrastruktur TI yang andal. Sebab, cloud mampu menjadi solusi untuk melakukan peningkatan sistem TI tanpa harus dibebani biaya tinggi.

Lebih dari itu, tingkat keamanan dengan menggunakan cloud computing juga lebih baik. Back-up data, me-recover data maupun enkripsi bisa disediakan oleh cloud enterprise sehingga menjamin keamanan data Anda.

Yang jauh lebih penting, muaranya berdampak pada pengalaman pengguna yang lebih baik. Website dan aplikasi dapat diakses oleh pengguna dengan lebih lancar.

Tokopedia

Banyak perusahaan sudah merasakan manfaat penggunaan enterprise cloud. Salah satunya adalah Tokopedia. Marketplace terbesar di Indonesia ini menggunakan platform enterprise cloud Nutanix untuk kemudahan manajemen infrastruktur TI serta kemampuan untuk melakukan skalabilitas secara cepat.

Dengan lebih dari 2 juta penjual dan 60 juta dolar transaksi yang dihasilkan setiap bulan, Tokopedia membutuhkan sistem TI yang hebat untuk memenuhi kecepatan berekspansi. Semula, Tokpedia menggunakan sejumlah sistem berbeda untuk menjalankan aplikasi inti. Dengan semakin bertumbuhnya pasar Tokopedia, marketplace ini perlu mengkonsolidasikan infrastruktur TI agar semua sistem dapat berjalan lancar.

Menggunakan Nutanix sejak Juli 2016, masalah komputasi, penyimpanan dan jaringan yang sebelumnya kerap dihadapi Tokopedia menjadi teratasi. Tokopedia menggunakan virtual desktop infrastrukture Nutanix dan AHV hypervisor Nutanix untuk menjalankan aplikasi inti. Dengan proses yang mudah, proses migrasi itu hanya memerlukan waktu tiga hari.

Manfaat lainnya dirasakan dari berkurangnya jumlah server yang digunakan. Sebelumnya Tokopedia menggunakan 25 server dan kini cukup dengan dua server Nutanix saja. Konsumsi daya pun menjadi lima kali lebih hemat.

Infrastruktur TI yang stabil memang menjadi kebutuhan bagi Tokopedia yang memiliki banyak pelanggan. Solusi enterprise cloud Nutanix mampu memberikan dukungan infrastruktur sehingga website dan aplikasi Tokopedia bisa berjalan lancar tanpa gangguan.

Xiaomi

Manfaat serupa juga dirasakan Xiaomi. Perusahaan asal Tiongkok ini memerlukan ekspansi ekosistem TI yang cepat. Sebelumnya Xiaomi menggunakan infrastruktur TI tradisional tiga lapis yang terdiri dari VMware Esi 5.5 dan penyimpanan SAN. Meningkatnya jumlah pengguna dan makin kompleksnya sistem menyebabkan beban berlebih pada sistem penyimpan backend dan memengaruhi infrastruktur TI keseluruhan.

Oleh karena itu, Xiaomi memutuskan menggunakan arsitektur infrastruktur TI baru untuk mengatasi masalah kelambatan akses. Sebagai perusahaan teknologi, Xiaomi paham betul pentingnya teknologi untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Kemudian Xiaomi menggunakan teknologi hyper konvergen Nutanix.

Dengan mengadopsi platform enterprise cloud Nutanix, Xiaomi merasakan kestabilan server, keamanan data terjamin, maintenance minim, dan jarang down. Singkatnya, penggunaan enterprise cloud Nutanix menghasilkan kinerja, fungsi, dan stabilitas seperti yang diinginkan Xiaomi.

Yahoo!

Pengalaman lainnya juga dirasakan oleh Yahoo Jepang. Perusahaan ini menggunakan Nutanix enterprise cloud dan merasakan peningkatan kinerja yang maksimal dan stabil. Selain itu, dengan menggunakan Nutanix Prisim, manajemen server dapat dikelola dengan komprehensif. Dengan cara pengaturan yang sederhana, sistem back up yang terjamin, membuat proses bisnis Yahoo Jepang pun bisa berlangsung lebih lancar.

Demikianlah sejumlah studi kasus penggunaan enterprise cloud yang dirasakan oleh banyak perusahaan di dunia. Anda pun bisa mencobanya untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda.