Manfaat Menggunakan Microsoft Azure di Bisnis Manufaktur

Bisnis manufaktur adalah bisnis membuat barang jadi dari suku cadang, bahan mentah, atau komponen tertentu. Barang tersebut kemudian digunakan langsung oleh konsumen atau diolah menjadi produk yang berbeda. Dalam menjalankan bisnis manufaktur dibutuhkan tenaga kerja dan peralatan berupa mesin. Contoh perusahaan manufaktur adalah perusahaan tekstil dan garmen, otomotif, elektronik, dan makanan.

Peran Teknologi bagi Manufaktur

Seiring perkembangan zaman, pelaku usaha manufaktur juga harus beradaptasi. Didorong kompetisi yang terus meningkat, perusahaan dituntut untuk meningkatkan efektivitas operasional. Salah satunya melalui pemanfaatan teknologi dalam proses produksi. Dalam hal ini, teknologi berbasis cloud dari Microsoft Azure dapat menjadi alternatif bagi pemilik usaha manufaktur.

Untuk kebutuhan industri, teknologi berbasis cloud dari Azure dapat memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, meningkatkan visibilitas rantai pasokan dari awal hingga akhir, serta memungkinkan model bisnis yang inovatif. Agar lebih jelas, simak apa saja peran teknologi Azure bagi perusahaan manufaktur berikut ini.

promo azure

● Transformasi Tenaga Kerja

Teknologi dari Azure memungkinkan tenaga kerja di bidang manufaktur bekerja secara digital dengan solusi cerdas. Seluruh anggota tim dapat berkolaborasi untuk produktif dari mana saja, baik pekerja lapangan, pekerja kantor, maupun pelanggan, dengan sistem yang mendukung pekerjaan jarak jauh. Hal ini sangat berguna dalam keadaan situasi kerja yang terbatas, misalnya karena pandemi yang saat ini sedang terjadi.

Transformasi di tempat kerja ini didukung oleh kehadiran teknologi cloud service. Dengan sistem penyimpanan berbasis cloud yang aman dari Azure, ada peningkatan efisiensi dalam proses pekerjaan di bidang manufaktur.

● Keputusan Perusahaan Berbasis Data

Outokumpu, perusahaan manufaktur yang memproduksi baja tahan karat, telah menggunakan Microsoft Azure untuk proses produksinya. Langkah ini adalah tindakan untuk merangkul transformasi digital dalam memenangkan kompetisi yang makin ketat.

Dengan Azure, Outokumpu menggunakan data untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan operasinya. Bukan lagi mengambil keputusan berdasarkan pengalaman, tetapi berbasis data. Konsep ini dimungkinkan dengan platform Azure yang menyediakan satu sumber data.

● Menjaga Rantai Pasokan

Rantai pasokan selalu berkaitan dengan visibilitas dan keterhubungan, dimulai dari gudang pabrik, pemasok, hingga pelanggan. Dalam hal ini, data yang menyatu dalam sistem sangat membantu untuk mengetahui pasokan produk yang masih tersedia. Hal ini memungkinkan perusahaan mengambil keputusan secara cepat tanpa mengorbankan inovasi.

Dengan menggunakan platform Azure, perusahaan tidak lagi tergantung pada hardware. Hal ini mengurangi risiko keamanan yang mungkin terjadi sekaligus biaya yang harus dikeluarkan. Pasalnya, seluruh data telah diintegrasikan dalam cloud yang aman dan dapat diakses.

● Ciptakan Inovasi Terbaru

Kehadiran Microsoft Azure memungkinkan perusahaan manufaktur menciptakan inovasi terbaru. Inovasi sangat penting dalam menciptakan keberlanjutan bisnis. Perusahaan dapat mengembangkan produk dengan kekuatan komputasi awan yang tak terbatas.

Dengan menggunakan Azure, Anda juga bisa membangun digital twins dengan menciptakan representasi digital dari berbagai tempat, proses, maupun hal lain yang ada di dunia nyata.

● Terlibat Lebih Jauh dengan Pelanggan

Menggunakan Microsoft Azure, perusahaan dapat terlibat lebih jauh dalam memahami pelanggan. Dengan demikian, kepuasan pelanggan menjadi yang utama dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan perusahaan. Melalui informasi data yang bisa diakses secara real time, perilaku pembelian pelanggan dapat dianalisis.

Teknologi ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan online dengan cepat, dapat diprediksi, serta menguntungkan. Anda bisa mendeteksi dan mengatasi kendala yang dialami tim dalam penjualan sebelum para pelanggan mengetahuinya.

Jadi, inilah manfaat yang bisa dirasakan industri manufaktur saat menggunakan Microsoft Azure dalam proses produksinya. Berbagai keuntungan tersebut dimungkinkan dengan teknologi yang tersedia dalam platform ini. Tujuan akhirnya adalah membuat perusahaan lebih dinamis, menguntungkan, dan dapat terus berlangsung di tengah kompetisi global.

azure solutions

Posted by / April 21, 2021
Posted in
news