Memahami Prinsip Dasar Microsoft Azure dan Skema Perangkat Virtual

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Upwork Global Inc. pada tahun 2019, diperkirakan pada tahun 2025 sekitar 85% perusahaan akan berpindah ke kantor virtual. Ini artinya, kebutuhan akan komputasi awan akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Pada tahun 2021 ini, penelitian tersebut didukung juga oleh fakta bahwa semakin banyak orang yang terpaksa harus kerja dari rumah sebagai salah satu bentuk perlambatan penyebaran pandemi COVID-19.

Microsoft Azure, Solusi Kerja Jarak Jauh dan Kantor Virtual

Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan perangkat virtual seperti Microsoft Azure. Microsoft Azure berkolaborasi dengan hampir seratus layanan untuk menyediakan perangkat virtual yang sesuai dengan beragam jenis kebutuhan perusahaan dan pekerjaan.

Tiga Komponen Dasar Azure Cloud Service

Dalam beroperasi, Azure Cloud Service memiliki tiga komponen dasar yaitu Compute, Storage, dan Fabric. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

  • Compute

Microsoft Azure memiliki tiga peran dalam menjalankan platform yaitu web role, worker role, dan virtual role. Peran tersebut bekerja secara simultan seperti komputer pada dasarnya.

  • Storage

Cloud service atau layanan awan dalam Microsoft Azure adalah salah satu fitur penting. Azure memiliki kemampuan untuk bisa menyimpan data dalam bentuk berkas dan SQL yang biasanya tersimpan di cloud.

  • Fabric

Windows Azure Fabric Controller berfungsi untuk membuat jadwal, alokasi, dan pengelolaan sumber daya dalam aplikasi dan platform.

Ketiga komponen tersebut berkomunikasi dalam protokol HTTP karena Azure Cloud Service menggunakan teknologi Representational State Transfer (REST).

Arsitektur dan Skema Dasar Azure Cloud Service

Skema dasar Azure Cloud Service berangkat dari platform utamanya sebagai aplikasi awan. Aplikasi ini akan menerjemahkan spesifikasi protokol dan bahasa pemrograman untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Dari situ, aplikasi bisa langsung digunakan oleh pengguna melalui perangkat keras yang berbeda seperti komputer, laptop, tablet, dan gawai lainnya. Pada dasarnya, Microsoft Azure memiliki kemampuan untuk menjalankan dan menerjemahkan berbagai jenis aplikasi dan platform seperti .NET, JAVA, dan PHP. Jadi, pengguna tidak perlu memiliki perangkat tertentu untuk menggunakan aplikasi.

Membangun Infrastruktur Virtual Terbaik untuk Perusahaan Anda

Sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai membangun infrastruktur virtual untuk perusahaan Anda. Dengan banyaknya pilihan layanan dalam Microsoft Azure, Anda harus memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam memilih layanan yang terbaik, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

  • Jenis lisensi; langganan dibayar per bulan atau per tahun
  • Kapasitas mesin virtual
  • Ragam aplikasi yang bisa dijalankan dalam aplikasi
  • Berapa banyak perangkat yang bisa terkoneksi dalam satu sesi
  • Kemudahan pemeliharaan dan update perangkat virtual
  • Kemudahan cara pakai untuk seluruh pengguna dalam perusahaan

Jika Anda belum bisa menentukan layanan virtual mana yang bisa diterapkan di perusahaan, Anda bisa menghubungi Cloud Service Protection untuk berkonsultasi. Bukan hanya itu, Anda pun akan dibantu untuk membangun infrastruktur yang efektif serta efisien untuk produktivitas perusahaan Anda.

azure solutions

Posted by / November 1, 2021
Posted in
news