Mempercepat Transformasi Digital Bisnis dengan Azure

Transformasi digital bisnis saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pengusaha. Tanpa hal ini, Anda bakal kalah bersaing dengan para kompetitor. Ditambah lagi, jumlah transaksi jual beli online terus mengalami peningkatan seiring dengan kemudahan dalam memperoleh akses internet. Microsoft punya solusi yang bisa membantu para pebisnis dalam melakukan transformasi digital bisnis lewat produk cloud computing Microsoft Azure.

Perlu diketahui, ada banyak tantangan dalam transformasi digital bisnis yang menyulitkan para pengusaha dalam melakukan transformasi digital. Tantangan terbesar adalah berkaitan dengan keamanan data. Selain itu, perusahaan juga memerlukan dana yang tidak sedikit untuk mempersiapkan infrastruktur IT. Sebagai tambahan, problem lain muncul karena minimnya tenaga yang terampil berkaitan dengan proses maintenance infrastruktur IT.

promo azure

Alasan Kenapa Menggunakan Azure untuk Solusi Percepatan Transformasi Digital

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana Microsoft Azure mampu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi pebisnis dalam upaya pemercepatan bisnis. Ada 5 alasan utama kenapa Azure mampu menjawab semua problem tersebut, yakni:

1. Biaya terjangkau

Ketika melakukan transformasi digital, pihak perusahaan berpikir untuk menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk pengadaan infrastruktur IT. Apalagi, barang yang perlu dipersiapkan beragam, seperti komponen hardware, software, manajemen dan penyimpanan data, jaringan, internet, dan lain sebagainya.

Namun, situasinya bakal berbeda kalau Anda menggunakan layanan cloud computing Microsoft Azure. Alih-alih menyiapkan anggaran infrastruktur IT, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya berlangganan paket layanan sesuai kebutuhan. Sebagai informasi, Microsoft menetapkan penggunaan layanan Azure berdasarkan pemakaian fitur.

Baca juga: Takut Boros? Begini Tips Menghemat Biaya Cloud Hybrid

2. Bebas maintenance

Penggunaan layanan cloud computing Azure tidak hanya membuat Anda berhemat karena tak memerlukan pemakaian infrastruktur IT yang masif. Penghematan anggaran tidak hanya berkaitan dengan pengadaan infrastruktur. Namun, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan.

Meski tidak mengeluarkan biaya untuk maintenance, Anda tidak perlu khawatir dengan akan mengalami gangguan terkait layanan. Ketika menggunakan Azure, Anda menggunakan infrastruktur berbasis cloud milik Microsoft. Kalaupun ada permasalahan teknis, ada tim support dari Microsoft yang siap memberi bantuan.

3. Jaminan keamanan data

Upaya transformasi digital bisnis menggunakan Microsoft Azure memberi keuntungan dalam hal keamanan data. Microsoft menyediakan fasilitas proteksi data yang mampu melindungi berkas penting perusahaan dari risiko serangan cyber.

Ada berbagai fitur keamanan yang bisa Anda manfaatkan saat menggunakan layanan Microsoft Azure, di antaranya adalah:
Azure Firewall. Keberadaannya bermanfaat untuk memproteksi jaringan virtual yang Anda gunakan. Anda dapat pula melakukan pengaturan akses untuk aplikasi-aplikasi tertentu.
Azure DDoS Protection. Fitur ini memberi perlindungan layanan dari serangan DDoS lewat pengawasan secara berkala.
Azure Site Recovery. Anda tak akan mengalami kebingungan karena data hilang. Azure Site Recovery dapat membantu Anda dalam upaya recovery data.
Azure Network Watcher. Melalui fitur ini, Anda bisa melakukan pengawasan sistem secara terus-menerus. Kalau ada aktivitas mencurigakan, sistem akan memberikan peringatan.

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Disaster Recovery untuk Keamanan Data

4. Fleksibel

Microsoft mendesain layanan cloud computing miliknya itu tidak hanya untuk sektor industri tertentu. Namun, Azure merupakan solusi teknologi berbasis cloud yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai jenis perusahaan, seperti manufaktur, media, layanan finansial, retail, dan lain sebagainya.

Dengan cara penggunaan yang fleksibel seperti itu, Microsoft Azure memberikan solusi percepatan transformasi digital untuk berbagai jenis perusahaan. Ditambah lagi, perusahaan dapat melakukan pengaturan tingkat penggunaan Azure secara praktis dengan memperhatikan fitur-fitur yang dibutuhkan.

5. Mendorong produktivitas

Saat mengambil keputusan melakukan transformasi digital bisnis, Anda mungkin ragu dengan dampaknya terhadap produktivitas para karyawan. Namun, Anda tak perlu khawatir kalau menggunakan Azure. Layanan berbasis cloud ini telah mendapatkan pengakuan dari berbagai perusahaan terkemuka dan terbukti mampu mendorong produktivitas tim kerja.

Apalagi, para karyawan dapat memanfaatkan layanan dari Microsoft Azure dari berbagai jenis perangkat yang mereka miliki. Tidak hanya terbatas pada perangkat desktop. Namun, Azure juga bisa diakses melalui perangkat Android, iOS, Linux, MacOS, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai kemudahan tersebut, pemanfaatan Azure untuk upaya transformasi digital adalah keputusan yang tepat, kan? Yuk, mulai menggunakan Azure untuk bisnis yang lebih baik dan berkembang.

azure solutions

Posted by / April 2, 2021
Posted in
news